PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI DI SMK NEGERI 2 TONDANO

Authors

  • Tiara Tilaar UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Robert Winerungan UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh Rooroh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9695

Keywords:

Pedagogical Competence, Teacher Teaching Style

Abstract

 

ABSTRAK

Pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas serta terampil sesuai dengan kebutuhan persyaratan lapangan kerja. Kemampuan kognitif siswa mempunyai peranan penting bagi keberhasilan siswa dalam belajar, karena sebagian besar aktivitasnya dalam belajar selalu berhubungan pemahaman terhadap materi yang diberikan.  Tugas guru dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah tugas pedagogis, yaitu tugas membantu, membimbing dan memimpin siswa dalam realitas pembelajaran.

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tondano salah satu Kompetensi Keahlian yang dibuka adalah kompetensi keahlian akuntansi. Di dalam kompetensi keahlian akuntansi salah satu mata diklatnya adalah komputer akuntansi.

Ada beberapa masalah yang peneliti dapat berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK N2 Tondano diantaranya adalah: Metode belajar yang dipakai guru masih monoton. Apresiasi siswa terhadap Aplikasi MYOB Accounting masih rendah, Kurangnya komunikasi dan interaksi dengan siswa.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Menurut Husna (2022) data kuantitatif adalah hasil pengukuran variabel yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrument. Data ini diperoleh dari hasil kuesioner dan data siswa. Teknik analisis data untuk mengukur variabel-variabel dalam penelitian ini, menggunakan software SPSS, dengan cara memasukkan hasil variabel yang akan diuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan gaya mengajar guru terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kelas xi di smk negeri 2 tondano.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Gaya Mengajar Guru, Kemampuan Kognitif Siswa

 

 

 

 

ABSTRACT

Vocational education is part of the national education system which aims to prepare workers who have quality and skilled human resources in accordance with the needs of employment requirements. Students' cognitive abilities have an important role in students' success in learning, because most of their activities in learning are always related to understanding the material provided. One of the teacher's tasks in the teaching and learning process is pedagogical tasks, namely the task of helping, guiding and leading students in the reality of learning.

At Vocational High School (SMK) Negeri 2 Tondano, one of the Skills Competencies that is opened is the accounting skills competency. In the accounting skills competency, one of the training subjects is computer accounting.

There are several problems that researchers can identify based on initial observations made at Vocational School N2 Tondano, including: The learning methods used by teachers are still monotonous. Student appreciation of the MYOB Accounting Application is still low, there is a lack of communication and interaction with students.

The type of data used in this research is quantitative data. According to Husna (2022) quantitative data is the result of measuring variables that are operationalized using instruments. This data was obtained from the results of questionnaires and student data. The data analysis technique for measuring the variables in this research uses SPSS software, by entering the results of the variables to be tested. This research aims to determine the influence of teacher pedagogical competence and teaching style on students' cognitive abilities in class 1 accounting computer subjects at SMK Negeri 2 Tondano.

Keywords: Pedagogical Competence, Teacher Teaching Style, Student Cognitive Ability

References

Dolonseda, H., Dame, J. M., & Lendongan, A. (2023). The Influence Of Teacher’s Teaching Style And Learning Discipline On Students’ Cognitive Ability At SMP Negeri 3 Motoling Timur.

Literacy:JurnalPendidikanEkonomi,4(1),149-158. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7064

Fatayin dan Listiadi (2018). Pengaruh pengetahuan pengantar akuntansi dam pemanfaatan software akuntansi MYOB terhadap kinerja praktik kerja industry siswa kelas XI akuntansi SMK N4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume 6 Nomor 3 Tahun 2018, 331-338.

Hadibrata, P. ., Wantah, E., & Wuisang, J. R. (2021). Pengaruh Disiplin Guru, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Katolik Rex Mundi Manado. Literacy: Jurnal PendidikanEkonomi, 2(2),19-32.

Https://Doi.Org/10.53682/Jpeunima.V2i2.3361 Lolowang,W.,Pongoh,S.,& Ranti, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar

Guru terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Di SMA Negeri 1 Touluaan Selatan. Literacy: Jurnal PendidikanEkonomi, 1(2),246-254. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.4027

Manalip, Y. M. ., Makaliwe, N., & Tulung, F. R. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Di Smk Negeri 9 Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 189-200.

Https://Doi.Org/10.53682/Jpeunima.V2i2.3928

Pantow,A.S., Manongko, A. C., & Lempas, J. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tompaso. Literacy:JurnalPendidikanEkonomi,2(1),52-66. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.1882

Qomariah, N. (2019). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas VIIIPada Mata Pelajaran SKI di MTS Saroja NU Undaan Kidul Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2017/2018.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Salma, Santoso, Muchsini (2021). Upaya peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui model self directed learning berbantu media google classroom pada pembelajaran akuntansi keuangan di SMK. Jurnal “Tata Arta” UNS, Vo. 7 No.2.

Tamboto, H. . J. D., Watung, S. R., & OROH, C. M. C. (2020). Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 7 Manado kelas XI IPS. Literacy: Jurnal PendidikanEkonomi,1(2),180-189.

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.641

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Tilaar, T., Winerungan , R. ., & Rooroh, A. R. (2024). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI DI SMK NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 45-56. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9695

Issue

Section

Articles