PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SDN INPRES 5/81 TENDEKI
Keywords:
Model Learning Cycle 5E, Hasil Belajar PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E tentang ciri-ciri khusus pada hewan melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle Pada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI di SDN Inpres 5/81 Tendeki.PenelitianinimenggunakanmodelSpiral KemmisdanMcTaggartyangterdiridari 4 tahap, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang digunakan dalam II siklus. Subjek penelitian ini adalah untuk kelas VI SDN Inpres 5/81 Tendeki dengan jumlah siswa26 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 perempuan. Untuk mengumpulkan data observasi dan hasil tes siswa. Analisis data menunjukkan bahwa hasil pembelajaran saat melakukan tindakan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut ditujukan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 64% dan pada siklus II adalah 94%. Dari hasil penelitian ini membandingkan setiap siklus maka terlihat peningkatan pada hasil belajar siswa, pada mata pelajaran IPA dengan materi ciri-ciri khusus pada hewan. Maka pelaksanaan tindakan dapat diinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SDN Inpres 5/81 Tendeki. Saran bagi guru agar bisa dapat menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam pembelajaran IPA kelas VI serta bagi siswa lebih memahami pelajaran dan cara belajar bersama dalam kelompok