PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN INPRES 12/79 GIRIAN BAWAH

Authors

  • Vanessa Rampengan Universitas Negeri Manado
  • Norma. N. Monigir Universitas Negeri Manado
  • Margareta Oktavia Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS materi keragaman budaya kelas V SDN Inpres 12/79 Girian Bawah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat komponen dari kemmis dan MC. Taggart yaitu terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SDN Inpres 12/79 Girian Bawah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Proses penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan teknik analisis data yang digunakan adalah rumus .  Pada siklus I ditemukan bahwa 36,67% siswa belum mencapai KKTP sedangkan siswa yang mencapai KKTP baru 63,33% sehingga belum mencapai target atau belum berhasil. Pada pelaksanaan siklus II didapati siswa yang  telah mencapai KKTP yaitu 90% dan yang belum 10% maka dapat dinyatakan bahwa pada pelaksanaan siklus II telah berhasil.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas V SDN Inpres 12/79 Girian Bawah dengan materi keragaman budaya. hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata - rata tes hasil belajar siswa. Selain itu, penerapan model pembelajaran PjBL juga dapat meningkatkan keaktifan, kreatifitas dan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Rampengan, V. ., Monigir, N. N., & Sumilat, M. O. (2025). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN INPRES 12/79 GIRIAN BAWAH. Bloom Journal, 2(1), 120-124. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11556

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)