PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA DIKELAS V SD GMIM KOROR

Authors

  • Deargyo Pamaruntuan Universitas Negeri Manado
  • Supit Pusung Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran model  “Discovery Learning” di kelas V SD Inpres Suluan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah kelas V SD Inpres Suluan dengan jumlah siswa laki-laki 8 dan siswa perempuan 5 sehingga total keseluruhan adalah 13. Pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes essai. Dari analisi pembelajaran yang telah diuraikan menunjuk bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,23% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II sebesar 90,76%, dengan nilai rata-rata 88,23 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 21,9%. Selain hasil belajar meningkat, siswa juga merasa lebih bersemangat, mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model  Discovery Learning). Dapat disimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan PTK dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Suluan. Maka peneliti memberikan saran agar guru hendaknya menggunakan pembelajaran model  Discovery Learning sebagai alternatif dalam KBM mata pelajaran khususnya dan untuk semua mata pelajaran di SD Inpres Suluan.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Pamaruntuan, D. ., Pusung, S. ., & Tuerah, R. M. S. . (2025). PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA DIKELAS V SD GMIM KOROR. Bloom Journal, 2(1), 158-166. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11582

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>