PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA DIKELAS V SD GMIM KOROR
Keywords:
Model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran model “Discovery Learning” di kelas V SD Inpres Suluan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Yang menjadi subjek penelitian adalah kelas V SD Inpres Suluan dengan jumlah siswa laki-laki 8 dan siswa perempuan 5 sehingga total keseluruhan adalah 13. Pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes essai. Dari analisi pembelajaran yang telah diuraikan menunjuk bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,23% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II sebesar 90,76%, dengan nilai rata-rata 88,23 atau mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 21,9%. Selain hasil belajar meningkat, siswa juga merasa lebih bersemangat, mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model Discovery Learning). Dapat disimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan PTK dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Suluan. Maka peneliti memberikan saran agar guru hendaknya menggunakan pembelajaran model Discovery Learning sebagai alternatif dalam KBM mata pelajaran khususnya dan untuk semua mata pelajaran di SD Inpres Suluan.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.