ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD GMIM RANOMEA

Authors

  • Marlina M Suot Universitas Negeri Manado
  • Deitje A Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Deddy F Kumolontang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kesulitan belajar siswa, Pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar siswa kelas V SD GMIM Ranomea. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS dikelas V SD GMIM Ranomea, dan untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan beberapa orang tua siswa di kelas V SD GMIM Ranomea. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian hasil data yang diperoleh akan dianalisis dan dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian berupa deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa 6 siswa dari 17 jumlah siswa kelas V SD GMIM Ranomea masih mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPAS disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi kurangnya motivasi belajar, minat belajar yang rendah, dan kemampuan intelegensi siswa yang kurang, serta faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, sarana dan prasarana kurang memadai, metode pembelajaran yang monoton, dan teman sebaya. Serta peran guru yang sangat penting dalam keberhasilan pencapaian siswa dengan memberikan motivasi belajar kepada siswa, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, mengenali karakteristik siswa serta melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dan orang tua juga berperan penting untuk meningkatkan keberhasilan pencapaian belajar siswa. Karena mereka sangat penting dalam kehidupan keseharian anak dalam membimbing dan menuntun, serta memahami kemampuan anak

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles