PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Picture and Picture, IPS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa kelas IV SD GMIM 40 Tanggari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan McTaggart desain penelitian melalui tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada aspek pengetahuan dalam pembelajaran Tematik di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu skor 75. Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 69,79%. Hasil yang dicapai pada siklus II meningkat secara signifikan di mana ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,71%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa enerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa di kelas IV SD GMIM 40 Tanggari.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.