PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marthin Runtukahu Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Risal M Merentek Universitas Negeri Manado

Keywords:

Picture and Picture, IPS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar Tematik pada siswa kelas IV SD GMIM 40 Tanggari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan McTaggart desain penelitian melalui tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada aspek pengetahuan dalam pembelajaran Tematik di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu skor 75. Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 69,79%. Hasil yang dicapai pada siklus II meningkat secara signifikan di mana ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92,71%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa enerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa di kelas IV SD GMIM 40 Tanggari.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Runtukahu, M. ., Rorimpandey, W. H. F., & Merentek, R. M. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bloom Journal, 2(1), 184-194. Retrieved from https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/bloom/article/view/11586

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>