PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GMIM 1 KIAWA
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV SD GMIM 1 Kiawa. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Kemmis dan Mc. Taggrat PTK meliputi empat tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi, dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 1 Kiawa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari dua siklus. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu hanya mencapai 45,45% sedangkan pada siklus meningkat mencapai 81,81%. Siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif atau mampu meningkatkan hasil belajarĀ IPA di kelas IV SD GMIM 1 Kiawa