PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES KAKASKASEN II

Authors

  • Euginia A Sumanti Universitas Negeri Manado
  • Yusak Ratunguri Universitas Negeri Manado
  • Fonny Katili Universitas Negeri Manado

Keywords:

Discovery Learning, Hasil belajar, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen II. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik non tes yaitu berupa pengamatan terhadap sikap dan keterampilan, sedangkan tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegasi. penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang digunakan pada 2 siklus. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar (KB) yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa (T) di bagi jumlah skor total (Tt) kemudian dikalikan 100%. Hasil belajar yang diperoleh dari siklus I yaitu 50 % dan siklus II mencapai 80 % dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres Kakaskasen II sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Kakaskasen II dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajaran IPA maupun dalam pelajaran lainnya

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles