PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD INPRES 1 RUMOONG ATAS

Main Article Content

Yella K. A. Kawae
Joulanda A. M. Rawis
Widdy H. F. Rorimpandey

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi perubahan wujud benda dikelas V SD Inpres 1 Rumoong Atas. Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) Tindakan. (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 1 Rumoong Atas yang terdiri dari 11 orang siswa, 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan Tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi dari dua siklus. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 60% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 92% siswa sudah memahami materi dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas V di SD Inpres 1 Rumoong Atas dimana hasil siklus I memperoleh 60% dan hasil siklus II 92%

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3