PERAN GURU DALAM PROSES PELAYANAN PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI SISWA KELAS V SD INPRES RANOMEA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Perencanaan Pelayanan, Proses Pelayanan, dan Proses Penilaian Pendidikan Karakter Yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas V SD Inpres Ranomea. Penelitian kualitatif atau qualitative research merupakan jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif lainnya. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD INPRES Ranomea. Sekolah tersebut menjadi dasar pertimbangan penentuan lokasi, karena kondisi karakter anak- anak serta peranan penting seorang pendidik dalam lingkungan sekolah yang masih perlu diperbaiki. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023, selama kurang lebih 3 bulan. Penelitian dilakukan setelah Seminar Proposal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peran guru sangat penting dalam pembentukkan pendidikan karakter bagi siswa baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan bermasyarakat, terlebih khusus dalam beragama. Pentingnya pelayanan pendidikan karakter bagi peserta didik, untuk menumbuhkan sikap dan kualitas karakter yang ada pada masisngmasing siswa. Adanya peran seorang guru dalam pelayanan pendidikan karakter terlebih khusus pada mata pelajaran PAK, benar-benar memberi dampak untuk perkembangan karakter siswa baik didalam sekolah maupun dilingkungan luar sekolah.