PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SD INPRES LANSOT

Authors

  • Lidia K. Puasay Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Mayske R. Liando Universitas Negeri Manado

Keywords:

Culturally Responsif Teaching (CRT), Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan model pembelajaran Culturally Responsif Teaching (CRT) untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SD Inpres Lansot, Tomohon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas 2 SD Inpres Lansot Tomohon yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 70,33% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar mencapai 80,66% itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai standar ketuntasan klasikal. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Culturally Responsif Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas 2 SD Inpres Lansot, Tomohon.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>