PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GMIM PINABETENGAN

Authors

  • Anisa Putri Universitas Negeri Manado
  • Roos M.S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Mayske R. Liando Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) IPA, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi “Cahaya dan sifat-sifat cahaya” dengan menerapkan model Problem Based Learning kelas V SD Gmim Pinabetengan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 57,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,3% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gmim Pinabetengan. Kesimpulan peneliti mengemukakan saran, bagi guru diharapakan menjadi model pembelajaran Problem Based Learning sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar ( SD).

Downloads

Published

2025-02-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>