PERANAN GURU PENGELOLAAN KELAS DI SD KATOLIK 1 DON BOSCO BITUNG

Main Article Content

Agustinus Jaftoran
Mersty E. Rindengan
Margartje A. Tamara

Abstract

Tujuan Penelitian: (1) Mendeskripsikan Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Katolik 1 Don Bosco Bitung, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Katolik 1 Don Bosco Bitung, (3) Mendeskripsikan upaya-upaya Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Katolik 1 Don Bosco Bitung. Metode Penelitian: Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif dari Arikunto (2010:124). Kesimpulan: (1) Peranan guru dalam pengelolaan kelas adalah Guru sebagai informan dan fasilitator, yakni memberikan informasi dan arahan bagi siswa agar siswa fokus dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas serta guru sebagai fasilitator akan menjadi perantara dalam membangun komunikasi yang lebih baik dan santun dengan para siswa di SD Katolik 1 Don Bosco Bitung, (2) Faktor pendukung Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SD Katolik 1 Don Bosco Bitung, yakni mempersiapkan materi pembelajaran serta adanya fasilitas pendukung pembelajarandi dalam kelas dan didukung pula oleh adanya komunikasi yang  baik dengan orangtua siswa dan juga para siswa yang memiliki latar belakang keluarga yang berpendidikan tinggi, sehingga sangat membantu dalam mendidik dan mengajarkan mereka. Faktor penghambat yang menghambat peranan guru di kelas, adalah kurangnyakesiapan dalam memberikan pembelajaran serta fasilitas pembelajaran yang kurag, dan juga belum semua siswa memiliki fasilitas belajar daring (HP) serta kurangnya sarana prasarana pendukung belajar. (3) Diupayakan agar guru hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar yang nyaman dengan menjalin komunikasi yang baik dengan setiap siswa dan juga orangtua mereka.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2