STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA DI KELAS II MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD INPRES PERUMNAS ULUINDANO TOMOHON

Main Article Content

Fauzia Manggalupang
Juliana K. Tagupia
Mersty E. Rindengan

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengentahui Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas II Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Inpres Perumnas Uluindano Tomohon. Metode penelitian dalam penenlitian ini adalah Kualitatif. Subjek penelitian adalah Guru Kelas II, Siswa Kelas II dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menun-jukan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II ada-lah mengenalkan kembali huruf alfabet, strategi bawah atas atau button up, strate-gi kata dan kalimat, menciptakan suasana pembelajaran yang ceria.

Article Details

Section
Articles