PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GMIM 52 MAPANGET

Main Article Content

Sri A. Y. Ruung
Agnes M. Goni
Kartini Ester

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM 52 Mapanget dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 52 Mapanget yang berjumlah 30 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hanya 20 orang yang berhasil (66,67%) 10 orang yang belum berhasil (33,33%), pada siklus II meningkat, dan seluruh siswa tuntas (100%). Kesimpulan penelitian yaitu model pembelajaran matematika realistik Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM 52 Mapanget. Disarankan penerapan model pembelajaran matematika realistik Indonesia dapat diterapkan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar matematika.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>