PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD INPRES KANEYAN

Main Article Content

Josua C. Marentek
Romi J. Mongdong
Hetty J. Tumurang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share pada materi Gejala-gejala alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Hopkins, 1993 yang dilaksanakan tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kaneyan pada siswa kelas IV tahun ajaran 2022/2023, semester ganjil. Setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair And Share, hasil yang dicapai pada siklus I adalah 66,56% hasil yang dicapai belum berhasil karna belum mecapai 85% dan hasil yang dicapai pada siklus II 95,31%, Hasil penelitian ternyata mencapai peningkatan artinya proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Artinya bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair And Share dalam pembelajaran IPS menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kaneyan dan aktivitas siswa untuk mengembangkan berdiskusi, dan merespon pendapat temannya. kemampuan mereka meningkat dalam mengerjakan tugas kelompok.

Article Details

Section
Articles