PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD INPRES 4/82 WALIAN

Main Article Content

Virginia G. Mamoto
Hetty J. Tumurang
Ronny G. Dumanauw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran “Cooperative Learning tipe Problem Solving” pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD INPRES 4/82 WALIAN. Peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD INPRES 4/82 WALIAN dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 67.10 % sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 91,05% siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar Tematik siswa kelas IV SD INPRES 4/82 Walian.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2