PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD GMIM 1 MADIDIR

Main Article Content

Novi A. Bandola
Roos M. S. Tuerah
Yusak Ratunguri

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sumber       energi panas di kelas V SD GMIM 1 Madidir. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan mengambil sampel di kelas V SD  GMIM 1 Madidir dengan jumlah siswa 29 orang, yang terdiri dari 15 orang laki- laki dan 14 orang perempuan. Dalam proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur atau tahapan (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 69% Pada siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 69% pada silkus I menjadi 92%.Peningkatan ini karena siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran, Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terlihat dari Hasil penelitian dari siklus I yang hanya mencapai 69%meningkat pada siklus II dengan hasil penelitian mencapai 92%.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2