PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Eunike G. Halaling
Roos M. S. Tuerah
Risal M. Marentek

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM Ranolambot melalui model Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD GMIM Ranolambot dengan jumlah siswa 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan hasil belajar siswa serta lembar observasi kegiatan mengajar guru. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yaitu teknik analisis yang membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus I. Penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh 48,46% dan penilaian hasil proyek di peroleh 48.64% Kemudian pada siklus II, diperoleh nilai sebesar 80% untuk penilaian hasil belajar dan 81% untuk penilaian hasil proyek. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning sangat baik untuk diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2