PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN HAK DAN KEWAJBAN SISWA KELAS IV SD INPRES LANSOT

Main Article Content

Sinadia Indrawati
Mersty E. Rindengan
Sarah N. Tombokan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hak dan Kewajiban dengan menerapan Model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD INPRES Lansot. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), atau Classroom Action Reserch (CAR). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 Oktober 2023 di kelas IV SD Inpres Lansot. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Lansot, Tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 9 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Pada hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 55,62% dengan jumlah siswa yang tuntas 3 siswa (37,5%) dan 5 siswa (62,5%) yang tidak mencapai nilai standar ketuntasan belajar. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,50% dengan jumlah siswa yang tuntas 6 (75%) orang dan 2(25%) orang yang tidak mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn Hak dan Kewajiban siswa kelas IV SD Inpres Lansot.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2