PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD INPRES I RUMOONG ATAS 2

Main Article Content

I Made Irfan
Mersty E. Rindengan
Maxie A. J. Liando

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2 dengan jumlah siswa 12 orang yang terduru dari 3 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I yang tuntas 6 dari 12 siswa atau 50%, siklus II 12 siswa tuntas atau 100%. Ketuntasan Belajar (KB) siklus I 67,91% sedangkan siklus II 85,83%. Sesuai dengan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2.

Article Details

Section
Articles