PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK 5 MANADO

Authors

  • Jeanet Woi Pulu universitas negeri manado
  • Meike Mamentu Universitas Negeri Manado
  • Steven Tumbelaka Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10645

Keywords:

Inquiry, Problem Based Learning (PBL), Student Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK 5 Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK 5 Manado dan sampel yang diambil adalah sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukan, Bila thitung < ttabel maka Ho diterima, sebaliknya bila thitung > ttabel maka Ha yang diterima. Dengan dk= n1-n2-2= 30+30-2=58, dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0,05 dengan begitu ttabel sebesar 1,672. Dalam penelitian ini diketahui thitung sebesar 2,250, dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Problem based learning terhadap siswa kelas XII-1 ADP dan XII-2 ADP di SMK 5 Manado.

Kata Kunci : Inkuri, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa

 

ABSTRACT

This study aims to determine the Use of Inquiry Learning Model and Problem Based Learning Learning on Student Learning Outcomes in Entrepreneurship Subjects in Class XII Office Administration of SMK 5 Manado. The population in this study were all students of class XII at SMK 5 Manado and the sample taken was 60 students. The results of the study showed that if tcount <ttable then Ho is accepted, conversely if tcount> ttable then Ha is accepted. With dk = n1-n2-2 = 30 + 30-2 = 58, with dk 58 and an error rate of 0.05 so that ttable is 1.672. In this study, it is known that tcount is 2.250, thus Ha is accepted and Ho is rejected. The conclusion is that there is a difference in student learning outcomes using the Inquiry Learning Model and the Problem Based Learning Model for students of class XII-1 ADP and XII-2 ADP at SMK 5 Manado.

Keywords: Inquiry, Problem Based Learning (PBL), Student Learning Outcomes

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Aulia dwi etika, 2013 “ penerapan metode inquiry untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa” Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan social, Universitas jember.

Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajran, (yogyakarta: Ruzz Media, 2015)

Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo

Gesha Rahmalia, 2015 Agresi Berdasarkan Kategori Anak Jalanan Children On The Street dan Vulnerable To become Street Children Pada Usia Remaja Binaan RPA IABRI Bandung Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

https://www.dosenpendidikan.co.id/hasil-belajar/

Lumenta, N. B. ., Makaliwe, N., & Bogar, W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA N 1 MOTOLING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 306-314. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8411

Irham Fahmi, Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta, 2014

Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X A DAN X B SMA NEGERI 1 TOMPASO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720

Rusman, Model-model Pembelajaran, (jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013)

Sanjaya, Wina. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Pembelajaran Inkuiri. [serial online]

Siwy, J. J. ., Dame, J. M., & Ranti, D. . (2022). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 283-290. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/.

Sugiyono, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono, 2013: 109 Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendalikan

(Sugiyono, 2009: 113).desain penelitian ini Matching pretest dan Post-test Control Group Design

Yulianto, Toto. 2013. Metode Inkuiri. [serial online]

http://totoyulianto.wordpress.com/2013/03/02/metode-inkuiri-i-metode-pembelajaran/.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Pulu, J. W., Mamentu, M. ., & Tumbelaka, S. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK 5 MANADO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 377-387. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10645

Issue

Section

Articles