PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK 5 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10645Keywords:
Inquiry, Problem Based Learning (PBL), Student Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK 5 Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMK 5 Manado dan sampel yang diambil adalah sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukan, Bila thitung < ttabel maka Ho diterima, sebaliknya bila thitung > ttabel maka Ha yang diterima. Dengan dk= n1-n2-2= 30+30-2=58, dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0,05 dengan begitu ttabel sebesar 1,672. Dalam penelitian ini diketahui thitung sebesar 2,250, dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Pembelajaran Problem based learning terhadap siswa kelas XII-1 ADP dan XII-2 ADP di SMK 5 Manado.
Kata Kunci : Inkuri, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa
ABSTRACT
This study aims to determine the Use of Inquiry Learning Model and Problem Based Learning Learning on Student Learning Outcomes in Entrepreneurship Subjects in Class XII Office Administration of SMK 5 Manado. The population in this study were all students of class XII at SMK 5 Manado and the sample taken was 60 students. The results of the study showed that if tcount <ttable then Ho is accepted, conversely if tcount> ttable then Ha is accepted. With dk = n1-n2-2 = 30 + 30-2 = 58, with dk 58 and an error rate of 0.05 so that ttable is 1.672. In this study, it is known that tcount is 2.250, thus Ha is accepted and Ho is rejected. The conclusion is that there is a difference in student learning outcomes using the Inquiry Learning Model and the Problem Based Learning Model for students of class XII-1 ADP and XII-2 ADP at SMK 5 Manado.
Keywords: Inquiry, Problem Based Learning (PBL), Student Learning Outcomes
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Aulia dwi etika, 2013 “ penerapan metode inquiry untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa” Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan social, Universitas jember.
Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajran, (yogyakarta: Ruzz Media, 2015)
Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Gesha Rahmalia, 2015 Agresi Berdasarkan Kategori Anak Jalanan Children On The Street dan Vulnerable To become Street Children Pada Usia Remaja Binaan RPA IABRI Bandung Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu
https://www.dosenpendidikan.co.id/hasil-belajar/
Lumenta, N. B. ., Makaliwe, N., & Bogar, W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA N 1 MOTOLING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 306-314. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8411
Irham Fahmi, Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta, 2014
Palar, S., Tamboto, H. J., Kandori, I., & Manongko, A. C. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS X A DAN X B SMA NEGERI 1 TOMPASO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 110-119. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9720
Rusman, Model-model Pembelajaran, (jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013)
Sanjaya, Wina. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.
Sudrajat, Akhmad. 2011. Pembelajaran Inkuiri. [serial online]
Siwy, J. J. ., Dame, J. M., & Ranti, D. . (2022). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 283-290. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/09/12/pembelajaran-inkuiri/.
Sugiyono, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Sugiyono, 2013: 109 Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendalikan
(Sugiyono, 2009: 113).desain penelitian ini Matching pretest dan Post-test Control Group Design
Yulianto, Toto. 2013. Metode Inkuiri. [serial online]
http://totoyulianto.wordpress.com/2013/03/02/metode-inkuiri-i-metode-pembelajaran/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Janet W. Pulu1 *, Meike Mamentu2, Steven Tumbelaka3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.