PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BERORGANISASI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMKN 1 BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10937Keywords:
Field Work Practices, Student Activity, Work ReadinessAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan dan keaktifan berorganisasi secara bersama-sama terhadap tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 72 orang sedangkan sampel berjumlah sebanyak 61. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Dari uji instrumen yang digunakan variabel X1 ( 13 item) variabel X2 (16 item) dan variabel Y (18 item) dinyatakan valid. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) Praktik kerja lapangan (PKL) dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa di SMKN 1 Bitung sebanyak 52%; 2) Keaktifan siswa dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa di SMKN 1 Bitung sebanyak 41%; Praktik kerja lapangan dan keaktifan siwa mempengaruhi kesiapan kerja siswa di SMKN 1 Bitung sebanyak 61%.
Kata Kunci: Praktik Kerja Lapangan, Keaktifan Siswa, Kesiapan Kerja
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of field work practices and organizational activity together on the level of work readiness of class XII students of the Office Administration expertise program at SMK Negeri 1 Bitung. This study uses a quantitative research type. The population in the study was 72 people while the sample was 61. The data collection techniques used were questionnaires, observation and documentation. The research instrument test used was the validity and reliability test. From the instrument test used, variable X1 (13 items) variable X2 (16 items) and variable Y (18 items) were declared valid. The results of the hypothesis test obtained: 1) Field work practices (PKL) can affect student work readiness at SMKN 1 Bitung by 52%; 2) Student activity can affect student work readiness at SMKN 1 Bitung by 41%; Field work practices and student activity affect student work readiness at SMKN 1 Bitung by 61%.
Keywords: Field Work Practices, Student Activity, Work Readiness
References
Agusta, U. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Prestasi Akademik, dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Akuntansi Kelas XII SMK Negeri 1 Brebes Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(2): Pp. 404-413.
Simanullang, G., Manongko, A. ., & Kandori, I. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Praktek Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xii Smk Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 220-227. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7401
Husnita, S., & Suparno, S. (2020). Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 43-57.
Jalinus. A. 2020. Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orang Tua terhadap Kesiapan Kerja Siwa Smk. UNY: Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.4, No. 2. https://www.smkn1-kng.sch.id/read/54/tujuan-prakerin-bagi-siswa-smk-dan-manfaatnya
Khusnul, K. (2020). Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1): Pp. 16 – 29
Kuswana, W, S. 2013. Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi, dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta
Maulana, Z. (2019). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87- 97.
Mulyono & Winarsih, Atik Septi. (2014). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pratiwi, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62- 70.
Saputro, A. (2017). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta: FKIP UNS
Untari, N. (2015). Pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang. Sawerigading: Journal Public Administration, 1(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anatasya Towadji*, Sjeddie R. Watung, Listriyanti Palangda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.