MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 7 MANADO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL

Authors

  • Jimmy Lumentut PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8149

Keywords:

Learning Outcomes, SMA Negeri 7 Manado

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Manado dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek Problem Based Learning(PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas XIF di SMA Negeri 7 Manado yang berjumlah 39 peserta didik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Aktivitas peserta didik juga meningkat dalam bekerja mandiri maupun berkelompok. Peserta didik merespons positif penerapan model PBL yang dianggap menyenangkan dan memotivasi untuk belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Manado.

Kata Kunci : Hasil Belajar, SMA Negeri 7 Manado, Problem Based Learning

 

 

ABSTRACT

This research aims to improve the learning outcomes of class XI students in economics subjects at SMA Negeri 7 Manado by implementing the Problem Based Learning (PBL) project-based learning model. The research method used was Classroom Action Research with the research subjects being class XIF students at SMA Negeri 7 Manado, totaling 39 students. The research was carried out in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. Data was collected through observation, interviews, field notes, and learning outcomes tests. Data was analyzed descriptively qualitatively. The research results show that the application of the PBL model can improve student learning outcomes. Student activity also increases in working independently and in groups. Students responded positively to the application of the PBL model which was considered fun and motivating to learn. Thus it can be concluded that the application of the PBL model can improve the learning outcomes of class XI students in economics subjects at SMA Negeri 7 Manado.

Keywords: Learning Outcomes, SMA Negeri 7 Manado, 

 

References

Alam. 2013. Ekonomi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama Arikunto, Suharsimi. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

B. Uno Hamzah. 2008. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Gava Media

Kustiono. 2010. Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Semarang Press

Rusman. 2012. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada

https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html

https://scholar.google.co.id/scholar?q=metode+pembelajaran+pbl&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholar

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Lumentut, J. ., Wuisang, J., & Kandori, I. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 7 MANADO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 219–232. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8149