PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA KELAS XI TATA BOGA DI SEKOLAH SMK N 1 TONDANO

Authors

  • Blessysco D. Tatontos Universitas Negeri Manado
  • Sri P. Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Stanny Rawung Universitas Negeri Manado
  • Feine Tulung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10982

Keywords:

Learning Interest, Learning Motivation, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Tata Boga di SMK Negeri 1 Tondano. Metode penelitian yang dignakan penulis adalah metode survey dengan 30 sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah Teknik kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian survey di analisis dengan metode analisis uji normalitas data dan metode analisis linier berganda. Dari uji instrument yang digunakan variabel X1, X2 dan variabel Y menggunakan 10 item yang dimana semua variabel valid. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) ada pengaruh Minat belajar siswa terhadap Hasil Belajar siswa Kelas XI Tata Boga di SMK N 1 Tondano sebesar 10%; 2) ada pengaruh  pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Tata Boga di SMK N 1 Tondano sebesar 4%; 3) dan ada pengaruh pengaruh Minat Belajar  dan  Motivasi Belajar siswa terhadap Hasil Belajar Siswa di  Kelas XI Tata Boga  SMK N 1 Tondano sebesar 44%.  Dan sisanya 56% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Minat Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

 

 

ABSTRACK

This study aims to determine the effect of Learning Interest and Learning Motivation on the Learning Outcomes of Class XI Culinary Arts Students at SMK Negeri 1 Tondano. The research method used by the author is a survey method with 30 samples. The techniques used in collecting this data are questionnaire techniques, observation and documentation. The results of the survey research were analyzed using the data normality test analysis method and multiple linear analysis methods. From the instrument test used, variables X1, X2 and Y variables used 10 items where all variables were valid. The results of the hypothesis test obtained: 1) there is an effect of Student Learning Interest on the Learning Outcomes of Class XI Culinary Arts Students at SMK N 1 Tondano by 10%; 2) there is an effect of Learning Motivation on the Learning Outcomes of Class XI Culinary Arts Students at SMK N 1 Tondano by 4%; 3) and there is an effect of Student Learning Interest and Learning Motivation on the Learning Outcomes of Class XI Culinary Arts Students at SMK N 1 Tondano by 44%. And the remaining 56% is determined by other variables not studied.

Keywords: Learning Interest, Learning Motivation, Learning Outcomes.

 

References

Rahayu, M. (2013). Pengaruh minat dan motivasi belajar Terhadap hasil belajar siswa di smk ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1 (2013).

Nugraha Dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan pembelajaran disekolah dasar, Tasikmalaya Edu publisher. Rineka cipta.

Wulandari (2021), Mustakim (2020), Analisis kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPA.

Sutedi, Dedi. (2019), Evaluasi Hasil Belajar (Teori dan Praktek). Bandung : UPI Press..

Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), Pengertian Minat, definisi minat.

Sari, W.N., Murtono & Ismaya, E.A. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(11), 2255-2257.

Dewi, S.A dan Lestari, T. 2021. Pengaruh Metode Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(4), 760-761.

Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

Supriyono. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 44-46.

Ananda, D.P., Afiati, E & Nurmala, M.D. 2022. Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 8(2), 42-43.

Diniaty, A. 2017. Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami. 3(1), 95-97.

Dame, J., Lempas, J., & Pongilatan, C. . (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 298-305. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5177

SM Naisa Laia 2022, Pengaruh motivasi dan Disipin Kerja Tehadap kinerja pegawai. 2022

Siagian (2021), Jurnal Ilmiah Methonomi, Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Medan, (2021).

Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067

Guilford (dalam Sulistiono, Yulia, Mumuh, (2019), Pengertian Minat. Jurnal Persepsi Terhadap Organisasi Ditinjau Dari Minat Berorganisasi Mahasiswa Jurusan Keperawatan URS.

Muhibbin Syah (2005). Pengertian Minat belajar siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhibbin Syah dkk (2005:151), Faktor Internal dan Eksternal Dalam Minat Belajar Siswa. Jakarta..

Tamboto, H. J. D., Mottoh, R. J. R., & Muaya, G. A. . (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 98-108. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.4441

Robbins, Stephen P & Timothy A. Judge (2008) Motivasi, Perilaku Organisasi Organisational Behavior, Jakarta:Salemba Empat.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Tatontos, B. D., Siswanto, S. P., Rawung, S., & Tulung, F. (2024). PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA KELAS XI TATA BOGA DI SEKOLAH SMK N 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 408-413. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10982

Issue

Section

Articles