PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 2 TAHUNA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10997Keywords:
Family Environment, School Environment, Learning InterestAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Tahuna Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 54 siswa Uji instrument yang di gunakan yakni uji validasi dan reliabilitasi Variabel XI X2 dan Y memiliki data yang normal Uji hipotesis 1 dan 2 yang di gunakan yaitu : korelasi sederhana Uji t dan Koefisien determinasi sedangkan Hipotesis 3 di gunakan Uji korelasi berganda dan Uji F Hasil penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 2 Tahuna Variabel lingkungan keluarga X1 dan Variabel lingkungan sekolah X2 memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap variabel minat Y sebesar 92 dan sisanya 8 di tentukan oleh variabel lain yang tidak di teliti nbsp;< p>
Kata Kunci< strong> : Lingkungan Keluarga Lingkungan Sekolah Minat Belajar< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This study aims to determine how the influence of the family environment and school environment on students interest in learning in the subject of economics class XI SMA Negeri 2 Tahuna This study is a quantitative study with a sample of 54 students The instrument test used is the validation and reliability test Variables XI X2 and Y have normal data Hypothesis tests 1 and 2 used are: simple correlation t test and determination coefficient while Hypothesis 3 uses multiple correlation test and F test The results of this study obtained that there is an influence of the family environment and school environment on students interest in learning in the subject of economics class XI SMA Negeri 2 Tahuna Family environment variables X1 and School environment variables X2 have a very strong influence on the interest variable Y of 92 and the remaining 8 is determined by other variables that are not examined < p>
Keywords< strong>: Family Environment School Environment Learning Interest< p>
References
Depdiknas 2003 Undang undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional: Jakarta
Djaali 2004 Psikologi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah 2008 Strategi Minat Belajar Cet II Jakarta: Rineka Cipta Dimyati dan
Midjiono 2006 Lingkungan Sekolah Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik Oemar 2005 Lingkungan Keluarga Jakarta : Bumi Aksara Melany Kasim
Model Pembelajaran IPS
Hasbullah 2005 Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keluarga Jakarta: Rineka
Karya Muhibbin Syah 2002 Psikolagi Belajar Jakarta: Raja Grafindo Persada
Munib Ahmad dkk 2004 Pengengantar Ilmu Pendidikan UPT MKK UNNES:
Semarang
Nasution 2004 Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara
Nana Syaodih Sukmadinata 2004 Landasan Psikologi Proses Pendidikan
Bandung: Remaja Rosdakarya
Sardiman A M 1994 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Singer Kurt 1991 Membina Hasrat Belajar Di Sekolah Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto 2010 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta:
Rhineka Cipta
Sugiyono 2010 Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

ÂÂÂÂÂ