PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII SMA N 1 RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9156Keywords:
Minat belajar siswa, motivasi orang tua, lingkungan sekolahAbstract
Abstrak
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Ratahan selama kurang lebih 3 Bulan yang bertujuan untuk mencari tahu apakah lingkungan sekolah dan motivasi orang tua berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei yang berasal dari penyebaran kuesioner penelitian kepada Siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ratahan. Untuk teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda melalui uji persyaratan yang harus terpenuhi antara lain uji instrumen penelitian dan uji asumsi klasik. Data dari penelitian ini berasal dari kuisioner yang telah diberikan bobot dan diolah dengan mengunakan aplikasi SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan hasil bahwa hipotesis di dalam penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa, lingkungan sekolah dan motivasi orang tua dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap minat belajar siswa.
Kata kunci : minat belajar siswa, motivasi orang tua, lingkungan sekolah
Abstract
From the results of research conducted at SMA Negeri 1 Ratahan for approximately 3 months, the aim was to find out whether the school environment and parental motivation had an influence on students' interest in learning. This research uses a survey method derived from distributing research questionnaires to students at SMA Negeri 1 Ratahan. The research technique used in this research uses multiple linear regression analysis through testing requirements that must be met, including research instrument testing and classical assumption testing. The data from this research comes from a questionnaire that has been weighted and processed using the SPSS version 23 application. Based on the research results, the researcher found that the hypothesis in the research was accepted so it can be concluded that the school environment and parental motivation can have a positive influence on students' interest in learning.
Keywords: student interest in learning, parental motivation, school environment
References
Ani, S., Donni, P.(2018). Manajemen peserta didik & model pembelajaran. Bandung:ALFABETA
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Riz Media.
Ghozali, Iman. (2011). Aplikasi Analisis Mutivariate Degan Program SPSS.
Kompri, (2015). Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musaheri. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ircisod.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya offset.
Purwanto, N. (2014). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakrya.
Santrock, John W. Santrock. Educational Psychologi, 2 Edition, terj. Tri Wibowo B.S, Psikologi Pendidikan: Edisi Kedua, Jakarta: Kencana, Ed 2, Cet. 4, 2011.
_________(2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi Suryabrata. (2004). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi Offset
Supriyono. 2010 . Cara Mendidik Anak. Surabaya. Bima Persada
Suryabrata, S. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktaviani Pesak, Sjeddie R Watung, Gilly Tiwow, Johny Taroreh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.