PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PINELENG

Authors

  • Agnes Rooroh Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Theresia Putri Talimpong Tuilan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11622

Keywords:

School Environment, Transformational Leadership, Learning Interest

Abstract

ABSTRAK

 

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PINELENG

 

Theresia Putri Tuilan(1), Agnes R. Rooroh(2), Devyano V.F Ranti(3)  

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Manado

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Pineleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada siswa di kelas X di SMA Negeri 1 Pineleng. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 17,789 + 0,677 X₁ + 0,599X₂. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu (5,696 >2,010), kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat belajar dengan nilai thitung > ttabel yaitu (4,802 > 2,010). Kemudian dari hasil uji F membuktikan bahwa lingkungan sekolah dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Pineleng dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu (241,42 > 3,18) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa lingkungan sekolah dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Pineleng

 

 

Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Minat

Belajar

References

Aditya, Riza Nur, Sudji Munadi. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin 7 No 1, no. 19 (2019): 65–72.

Ambat, R, S. Senduk, V., & Rooroh, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Minat belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Kauditan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Andriana, Ade. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XIMA WasiltulFalah Rangkasbitung. Vol. 91, 2017.

Bangun, Wilson, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga,2012. BKD

Wonosobo: kepala sekolah sebagai penentu keberhasilan sekolah. Djaali. Metodologi Penelitian Kuantiatif. Jakarta: PT BumiAksara, 2020.

E. Mulyasa, MenjadiKepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Eko Subagia, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tranformasional, Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan, Vol. 17, No.1, 2021.

Epensius, Bambang Genjik, and Khosmas. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Kelas x Sma Santa Maria Nanga Pinoh.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 9, no. 8 (2020): 1–10.

Faturrohman, Muhammad, and Sulistyorini. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Kalimedia, 2018.

Fina Za’ima Huba. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik DiKelas IV MIN 1 BOJONEGORO.” Skripsi, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.

K. H. Timotius, Kepemimpinan dan kepengikutan Teori dan Perkembangannya. Yogyakarta:CV Andi Offset,2016.

Kuswaeri Iwa, “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah”, Vol. 2, No. 02, 2016. Makmum Khairani. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.

Mangimpis, A, Watung, S & Wuisang, J. (2023). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Disiplin Mengajar Terhadap Minat Belajar Siswa Sma Negeri 1 Kawangkoan Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1).

Mawardi, Agus Dian. “Peran Lingkungan Sekolah Dalam Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VDi SDN Teluk Dalam 6 Banjarmasin.” Jurnal Palaan 14, no. 1 (2019): 51–65.

Nurhasanah, Siti, and et al. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Teori, Aplikasi Dan ContohKasus. Banten: Media Edu Pustaka, 2022.

Tumbelaka, A., Tamboto, H., & Kandori, I. (2024). PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK N 1 AMURANG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 388-399. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10976

Wuisang, J., Kandori, I., & Maramis, A. (2023). PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMKS POOPO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 13-24. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7073

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Rooroh, A. ., Ranti, D., Kandori, I., & Tuilan, T. P. T. (2025). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PINELENG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 104–111. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11622

Issue

Section

Articles