PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 9 TANA TORAJA

Authors

  • . Tabita Universitas Negeri Manado
  • Sri Siswanto Purwaningsih UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Sjedie Watung UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9124

Keywords:

School Environment, Family Environment, Interest in Learning Economics

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 9 Tana Toraja. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel siswa sebanyak 58 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah orservasi, teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi uji validitas dan relibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis meliputi uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan  analisis korelasi  ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa  di SMA Negeri 9 Tana Toraja. Terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap minat belajar  siswa SMA Negeri 9 TanaToraja. Terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 9

Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar Siswa

 

Abstrak

This study amis to determine the influence of the school environment and family environment on students’ in learning at SMA Negeri 9 Tana Toraja.

This study used a quantitative method by taking a sampel of 58 students. The techniques used in data collectian are reservations, questionnaire techniques (questionnaire) and documentation. Instrument analysis includes validity and reliability tests. Data analysis  technique esed is hypothesis testing including normality test, linearity test, multiple linear regression analysis, correlation analysis and multiple correlation  analiysis. The  results of this study indicate that there is a significant influence of the school environment on students’ learning interest in SMA Negeri 9 Tana Toraja. There is a significant influence  od the family environment on the learning interest of SMA Negeri 9 Tana Toraja students. There is a significant influence of the school environment and family environment on students’interest in learning at SMA Negeri 9 Tana Toraja.

Keywords: School Environment, Family Environment, Interest in Learning

 

 

References

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Henry Tamboto, Jetty Lempas, Brayen Sasue (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Motivasi belajar siswa di SMA Advet Ambia Kabupaten Kepulauan Talaud.(ejurnal.unima.ac.id)

JTaroreh, I Kandori, R Manaese (2023).Pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Modoinding.(ejurnal.unima.ac.id)

Rajagukguk,FT, (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. (digilib.unimed.ac.id/41281/)

Makmun Khairani. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Munib, Achmad. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Mulyasa. 2010. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muzayyanah, Syariful (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Konsep Diri Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X MIPA SMA N Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi (S1), IAIN Ponorogo

Lailatus, S.(2018) Analisis Korelasi kunjungan berobat dengan Kepuasan pasien Rs. Moejito dalam metode balence scorecard. The jurnal of busness and Manegement

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,cv.

Supriatna, Harun. 2009. Pesona Pendidikan Indonesia: Online: http://asbabulismu.blogspot.com; (diakses 6-10-2020)

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Palanda L, (2017) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Ekonomi Peserta Disik di SMKN 4 Makassar. (Http://eprints.unm.ac.id/4454/1/TESIS%20LISTRIYANTI%20PALANGDA.pdf)

Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku Prestasi Siswa. Jakarta: Grasinda

Zumi, An Nisaa, (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belaar Siswa Kelas IX pada Pelajaran PPKN di SMPN 5 Kota Jambi. (Http://repository.unja.ac.id/15388/1/skripsi.pdf)

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Tabita, ., Purwaningsih, S. S., & Watung, S. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 9 TANA TORAJA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 120-127. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9124

Issue

Section

Articles