PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 DUMOGA

Authors

  • Serina Paendong Universitas Negeri Manado
  • Meike Mamentu Universitas Negeri Manado
  • Johny Taroreh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11625

Keywords:

Learning Saturation, Parenting Patterns , Learning Ability

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar dan pola asuh orang tua terhadap kemampuan belajar siswa SMA Negeri 1 Dumoga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada siswa di kelas X SMA Negeri 1 Dumoga. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Ŷ = 1,848 + 0,625 X₁ + 0,373 X₂. Dari hasil uji t membuktikan bahwa secara parsial variabel kejenuhan belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan belajar dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu (2,606 >2,001), pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan belajar dengan nilai t-hitung > t-tabel yaitu (2,579 > 2,001). Kemudian dari hasil uji F membuktikan bahwa kejenuhan belajar dan pola asuh orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan belajar siswa SMA Negeri 1 Dumoga dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel yaitu (376,09 > 3,15) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kejenuhan belajar dan pola asuh orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap kemampuan belajar siswa SMA Negeri 1 Dumoga.

Kata kunci : Kejenuhan Belajar, Pola Asuh Orang Tua Dan Kemampuan Belajar

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect oflearning saturation and parenting patterns on the learningability of students at SMA Negeri 1 Dumoga. This study usesa quantitative approach and uses primary data throughdistributing questionnaires to students in class X of SMA Negeri 1 Dumoga. The results of the study obtained a multiple linear regression equation Ŷ = 1.848 + 0.625 X₁ + 0.373 X₂. The results of the t-test prove that partially thelearning saturation variable has a significant effect onlearning ability with a t-count value> t-table, namely (2.606> 2.001), parenting patterns have a significant effect onlearning ability with a t-count value> t-table, namely (2.579> 2.001). Then, the results of the F test prove that learningsaturation and parenting patterns simultaneously have a significant effect on the learning ability of students at SMA Negeri 1 Dumoga with an F-count value greater than the F-table, namely (376.09> 3.15) with a significance value of0.000 <0.05. Based on the results of the analysis, it can beconcluded that learning saturation and parenting patternshave a significant effect both partially and simultaneously onthe learning ability of students at SMA Negeri 1 Dumoga.

Keywords: Learning Saturation, Parenting Patterns andLearning Ability

References

Agung Edy Wibowo dan Adji Djojo. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Edisi Ke Dua. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Amin, S., & Harianti, R. 2018. Pola asuh orang tua dalam motivasi belajar anak. Yogyakarta: Deepublish.

Anwar Suroyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balansa, L., Dame, J., & Tiwow, G. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2).

Baskoro, D. 2019. Menjadi lebih baik (Parent healing). Jakarta: Gramedia

Besral. 2010. Pengolahan dan analisis data-1 menggunakan SPSS. Jakarta Universitas Indonesia

Bloom, Benjamin S. etc 1956. Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals, handbook 1 cognitive domain. New York: Longmans, Green and co.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. 2019. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kodoatie, V. G, Sumual, T and Ranti, D. 2021. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Belajar Siswa di Kelas Xi Ips 1 Sma Kristen 1 Tomohon”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6 (1).

Kandori, I., Tawas, Y., & Johanes, J. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 182-190. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.6011

Kristanto, Vigih Hery. 2016. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah terhadap kejenuhan siswa. Jurnal ilmiah Widya Warta. No. 01, Tahun XL, Januari 2016. Halaman 26-38.

Wuisang, J., Kandori, I., & Maramis, A. (2023). PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMKS POOPO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 13-24. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7073

Liow, M., Sumual, T. E. M., & Mamentu, M. . (2022). PENGARUH TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TOMOHON. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 266-275. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5206

Lestari, S. 2018. Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana Prenadra media grup.

Pande, S. D., Watung, S., & Wantah, E. (2021). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 18 HALMAHERA UTARA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2).

Siregar Syofian. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Wuisang, J., Oroh, S. S., & Rambing, R. F. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 168-178.

Zaman, C., Dame, J., & Lasut, S. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Orang Tua Terhadap Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Serina Paendong, Mamentu, M., & Taroreh, J. (2025). PENGARUH KEJENUHAN BELAJAR DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 DUMOGA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.11625

Issue

Section

Articles