PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SEKOLAH SMK NEGERI 1 AMURANG

Authors

  • Meisy Magdalena Pattyranie Universitas Negeri Manado
  • Sri P. Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Devyano V.F Ranti Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7966

Keywords:

Kompetensi Profesional , Motivasi Belajar, Kemampuan Belajar Siswa

Abstract

  • Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui PengaruhKompetensi Profesional Dan Motivasi Belajar  SiswaTerhadap  Kompetensi Guru merupakan salasatu factor keberhasilan pembelajaran disekolah, permasalahan yang dijumpai terdaat beberapa Siswa yang masih belum maksimal termotifasi dalam pembelajaran dikelas. Kemampuan Belajar Siswa Kelas XI  SMK Negeri 1 Amurang. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 AmurangYang Berjumlah 56 Siswa. Sedangkan Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 49 . Berdasarkan hasil koefisien korelasidiatas sebesar 0,220. Dalam menentukan koefisiendeterminan dilakukan untuk menentukan besar kontribusiKompetensi Profesional dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan belajar siswa dengan menggunakan rumus KD = r2 x 100% = 0,220 x 100% = 22,0 % dengan demikian besar kontribusi Kompetensi Profesional dan Motivasi Belajar Siswaterhadap Kemampuan belajar siswa adalah 22,0%. Berdasarkan hasil uji diatas, dapat dilihat f hitung sebesar 6,701 > f tabel sebesar 3,200 dengan demikian KompetensiProfesional dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuanbelajar siswa secara simultan berpengaruh terhadap Kemampuan belajar siswa sebesar 22,0 %.
  • This research aims to determine the influence of professional competency and student learning motivation on teacher competency, which is one of the factors for the success of learning at school. The problem encountered is that some students are still not maximally motivated in learning in class. Learning Ability of Class XI Students at SMK Negeri 1 Amurang. The population in this study was Class XI students at SMK Negeri 1 Amurang, totaling 56 students. Meanwhile, the sample in this study was 49. Based on the results of the correlation coefficient above, it is 0.220. In determining the determinant coefficient, it is carried out to determine the contribution of Professional Competency and Student Learning Motivation to student learning abilities using the formula KD = r2 x 100% = 0.220 x 100% = 22.0%, thus the contribution of Professional Competency and Student Learning Motivation to Ability is large. student learning is 22.0%. Based on the test results above, it can be seen that fcount is 6.701 > f table is 3.200, thus Professional Competence and Student Learning Motivation on students' learning abilities simultaneously influence students' learning abilities by 22.0%.

 

References

Agus Lamawi. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 2 Pabedilan Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ayu Wandira. (2016). Motivasi Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Siswa Di SMS Adhyaksa Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danim Sudarman. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: ALFABETA,cv.Sanjaya,Wina. (2008). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Djaali. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Taroreh, J., Kandori, I., & Manaese, R. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 1 Modoinding. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 135-148. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067

Kandori, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Ix Di Sma Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

Kandori, I., Tawas, Y. ., & Rolleh, A. F. . (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Model E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas Xii Administrasi Perkantoran Smk Kristen Singkanaung Tanah Putih. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 22 - 27. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3448

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Unnes. (2013). Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Semarang: Unnes Press.

Makmun Khairani. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Miami dalam Zaldy Munir. (2010). Pengertian Orang Tua. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mustamin. (2015). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Berbahasa Inggris Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Di Galesong Baru Makasar. Skripsi.UIN Alauddin Makassar.

Risnawati. (2013). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII IPA Man Bontoharu Selayar. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo.

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, B. Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan ReformasiPendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Widnaningsih dalam Indah Pertiwi. (2010). Pengertian Orang Tua.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Pattyranie, M. M., Siswanto , S. P. ., & Ranti, D. V. (2023). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SEKOLAH SMK NEGERI 1 AMURANG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 322–331. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7966

Issue

Section

Articles