ANALISIS BIBLIOMETRIK: TREN PENELITIAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Dominikus Rojoki Manullang Universitas Negeri Manado
  • Vinda Afnita Universitas Negeri Manado
  • Lidia A. Hutahaean Universitas Negeri Manado
  • Sahat Renol HS Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12473

Keywords:

Bibliometrik, Game Edukatif, Ekonomi, Game-Based Learning

Abstract

Pembelajaran ekonomi merupakan salah satu pelajaran yang sulit dipahami oleh peserta didik. Banyak konsep dalam ekonomi seperti "inflasi", "elastisitas", atau "mekanisme pasar" bersifat teoritis dan tidak langsung terlihat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sulit dibayangkan. Sehingga diperlukan media pembelajaran berbasis digital untuk memudahkan siswa memahami konsep yang dipelajari. Salah satu media pembelajaran digital yang mengintegrasikan teknologi yaitu game edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan lanskap studi terkait media pembelajaran digital berbasis game edukatif di tingkat sekolah menengah dalam kurun waktu 2021 hingga 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren dan arah perkembangan media pembelajaran berbasis game edukasi dalam pembelajaran ekonomi melalui pendekatan bibliometrik. Analisis dilakukan dengan bantuan VOSviewer guna memetakan visualisasi hubungan antar publikasi, kata kunci, serta kolaborasi penulis yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik, yang memungkinkan identifikasi pola-pola penelitian berdasarkan data publikasi ilmiah yang telah terindeks dalam basis data tertentu. Terapat 3 cluster pengkalisikasian game edukatif. Hasil penelitian diperoleh beberapa tema baru yang muncul dalam konteks penelitian Game edukatif di jenjang sekolah menengah meliputi android, knowledge, gamifikasi, AR technology, dan education game. Indikasi kebaruan (novelty) dianalisis melalui keterkaitan antar kata kunci.

 

References

Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.

Ardiningrum, N., & Safitri, D. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Pembelajaran IPS (Kajian Literatur). In Jurnal Intelek Dan Cendikiawan …. jicnusantara.com. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/download/343/404

Fitria, T. N. (2023). Creating an Education Game Using Wordwall: An Interactive Learning Media for English Language Teaching (ELT). Foremost Journal. https://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/Foremost/article/view/3610

Handayani, W., Dewanti, M. C., & ... (2024). … the Competency of Pakal District Kindergarten Teachers Through the Creation and Implementation of Illustration-Based Educational Game Tools (APE) in Introducing …. Nusantara Science …. http://nstproceeding.com/index.php/nuscientech/article/view/1210

Ilmudinulloh, R., Bustomi, A., & ... (2024). The Development of Kahoot-Based Learning Media Cooperative Learning to Improve Learning Motivation. … Education. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/2893

Khaira, A. (2024). Integration of the Game" Cooking Crazy Restaurant" and Direct Practice in Cooking Learning for Latiffa Az-Zahra Kindergarten Children. International Journal Education and Computer Studies …. https://lembagakita.org/journal/ijecs/article/view/2652

Lase, D., Zega, T. G. C., Daeli, D. O., & ... (2022). Parents’ perceptions of distance learning during COVID-19 in rural Indonesia. Journal of Education …. http://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/20122

Manullang, D. R., & Waspada, I. (2022). Peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh digital literacy terhadap entrepreneurial intention. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 118–129.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa man 1 lamongan. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 189–199.

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. G. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement. Bmj, 339.

Munir, S., Haryono, A., Rokhmani, L., Inayati, R., & ... (2023). THE EDUCATIONAL GAME-BASED EMODUL: IS IT EFFECTIVE AND SOLUTION TO THE MERDEKA CURRICULUM? International Education …. http://ijble.com/index.php/ieti/article/view/291

Noviyanti, G. V. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/24831

Nurhayat, R., Suranto, S., Dwiningrum, S. I. A., & ... (2023). The Effect of Innovative Learning on Student Achievement in Indonesia: A Meta-Analysis. … Education and Instruction. https://eric.ed.gov/?id=EJ1387701

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan dasar di perbatasan pada era digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100.

Rahmat, P. S., Jumantini, E., Suryani, Y., & ... (2024). The impact of utilizing educational games-based technology as learning media on students’ numeration skills in high school economics subjects. JPPI (Jurnal Penelitian …. https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/3825

Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Suendarti, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi: Analisis Bibliometrik Menggunakan Software VOSViewer (2017-2022). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 257–266.

Ramadhani, L. (2023). THE EFFECT OF USING LEARNING MEDIA-BASED WORDWALL EDUCATIONAL GAME ON 4TH GRADE STUDENT’S LEARNING INTEREST IN SOCIAL SCIENCE. eprints.unm.ac.id. https://eprints.unm.ac.id/33734/

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of digital marketing for MSME players as value creation for customers during the COVID-19 pandemic. In International Journal of Science and Society. researchgate.net.

Safitri, D. B. (2024). Differences in Student Learning Outcomes Using the Game Based Learning Model Assisted with Wordwall Media and The Cooperative Learning Model. Asian Journal of Multidisciplinary Studies. https://www.asianjournals.org/online/index.php/ajms/article/view/535

Suryana, D., Husna, A., & ... (2023). CIPP Evaluation Model: Analysis of Education Implementation in PAUD Based on Government Policy on Implementation of Learning During the Covid-19 …. In Jurnal Obsesi: Jurnal …. pdfs.semanticscholar.org. https://pdfs.semanticscholar.org/eeb5/874156d8735ea2e3de44aab9f8ba351392c2.pdf

Varlitya, C. R., & Riska, M. (2023). PEMANFAATAN METODE GAME BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MAHASISWA EKONOMI. PENCERAHAN. http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/90

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Manullang, D. R., Afnita, V. ., Hutahaean, L. A., & Renol HS, S. . (2025). ANALISIS BIBLIOMETRIK: TREN PENELITIAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 134–145. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.12473

Issue

Section

Articles