PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMK KATOLIK ST. FAMILIA TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3053Keywords:
Learning Media, Interest in Learning, Effectiveness of Student LearningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Media pembelajaran terhadap efektivitas belajar siswa Di SMK Katolik ST. Familia Tomohon, 2) pengaruh Minat belajar terhadap efektivitas belajar siswa Di SMK Katolik ST. Familia Tomohon, dan 3) pengaruh media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap efektivitas belajar siswa Di SMK Katolik ST. Familia Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi anggota yang berjumlah 80 orang. Jumlah sampel 67 orang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Media pembelajaran terhadap Efektivitas belajar siswa Di SMK Katolik ST. Familia Tomohon, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat belajar terhadap efektivitas belajar siswa, dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap efektivitas belajar siswa. Sumbangan efektif variabel Media pembelajaran sebesar 60,65% dan Minat belajar sebesar 95% terhadap Efektivitas belajar siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar dan Efektivitas belajar siswa
ABSTRACT
This study aims to determine 1) the effect of learning media on the effectiveness of student learning at SMK Catholic ST. Familia Tomohon, 2) the influence of interest in learning on the effectiveness of student learning at SMK Catholic ST. Familia Tomohon , and 3) the influence of learning media and interest in learning together on the effectiveness of student learning at SMK Catholic ST. Tomohon family. This research is a causal associative study with a population of 80 members. The number of samples of 67 people was taken using simple random sampling technique. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The data analysis technique used multiple regression. The results of this study indicate 1) there is a positive and significant influence of learning media on the effectiveness of student learning at SMK Catholic ST. Familia Tomohon , 2) there is a positive and significant effect of learning interest on the effectiveness of student learning, and 3) there is a positive and significant influence of learning media and interest in learning together on the effectiveness of student learning. The effective contribution of learning media variables is 60.65% and learning interest is 95% to the effectiveness of student learning.
Keywords: Learning Media, Interest in Learning and Effectiveness of Student Learning
References
Arsyad A. (2013). Media Pembelajaran. Edisi ke-16. Jakarta: Rajawali Pers.
Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset. Rahma. 2012. Efektifitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa . [diakses: 10 Oktober 2016]
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Cetakan ke-3 .Bandung: PT. Sarana
Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.
Jurnal Edukasi @Elektro, 5(1), 1-10. Louk, M. H., & Sukoco, P. (2016).
Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2), 415-418. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Menggunakan Media Audiovisual terhadap Teknik Passing dalam Sepak Bola untuk Kelas XKI1 SMKN 5 Surabaya (Studi pada siswa kelas X.KA1 SMKN 5 Surabaya Tahun Ajaran 2011- 2012).
Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24-33.
Raja Grafindo. Jakarta Agung Wicaksono. Efektivitas Pembelajaran, (Online) Tersedia: http://Agungprudent.wordpress.com [diakses: 21 Oktober 2016]
Sadiman, Arief S dkk. 2006. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning (teori, Riset, Praktik. Bandung: Nusa Media. Anugeranto, V. M. (2013). Efektivitas Pembelajaran
Susilo, Farid Agus. 2012. Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. Ejournal Universitas Negeri Surabaya 2012 [diakses: 10 Oktober2016].
Tutorial Nurani Sejahtera. Sanaky (2009). Media Pembelajaran.
Yogyakarta: GAVA MEDIA Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Sudjana, Naana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran.
Yogyakarta: Kaukaba. Angkowo & Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo. Jakarta. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mediatrix Salea, Sophia Pongoh, Agnes Rooroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.