PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.4444Keywords:
Discipline of student learning, Creativity of teaching teachers, Effectiveness of student learningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1 pengaruh disiplin belajar siswa terhadap efektivitas belajar siswa kelas X di SMK N 2 Tondano 2 pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap efektivitas belajar siswa kelas X di SMK N 2 Tondano dan 3 pengaruh disiplin belajar siswa dan kreativitas mengajar guru secara Bersama sama terhadap efektivitas belajar siswa kelas X di SMK N 2 Tondano Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi anggota yang berjumlah 80 orang Jumlah sampel 80 orang diambil dari keseluruhan jumlah populasi Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan regresi berganda Hasil penelitian ini menunjukan 1 terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar siswa terhadap efektivitas belajar siswa kelas X di SMK N 2 Tondano 2 terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap efektivitas belajar siswa 3 terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar siswa dan kreativitas mengajar guru secara Bersama sama terhadap efektivitas belajar siswa Sumbangan efektif variabel disiplin belajar siswa sebesar 60 76 dan kreativitas mengajar guru sebesar 95 43 terhadap efektivitas belajar siswa < p>
Kata Kunci : Disiplin Belajar Siswa Kreativitas Mengajar Guru dan Efektivitas Belajar Siswa < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This study aims to determine 1 The effect of student learning discipline on the learning effectiveness of 10th grader students at SMK N 2 Tondano 2 The influence of teacher teaching creativity on the learning effectiveness of 10th grader students at SMK N 2 Tondano and 3 The influence of student learning discipline and creativity teaching teachers together on the learning effectiveness of 10th grader students at SMK N 2 Tondano This research is a causal associative study with a population of 80 members The number of samples of 80 people was taken from the total population Methods of data collection using questionnaires and documentation The data analysis technique used multiple regression The results of this study indicate 1 There is a positive and significant effect of student learning discipline on the learning effectiveness of 10th grader students at SMK N 2 Tondano 2 There is a positive and significant influence on teacher teaching creativity on the effectiveness of student learning and 3 There is a positive and significant influence on discipline student learning and teacher teaching creativity together on the effectiveness of student learning The effective contribution of the student learning discipline variable is 60 76 and the teacher s teaching creativity is 95 43 to the effectiveness of student learning < p>
Keywords : Discipline of student learning Creativity of teaching teachers and Effectiveness of student learning< strong>< p>
References
A S Moenir 2010 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia Bumi Aksara: Jakarta Hlm 88
Arikunto Suharsimi 2002 Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:PT Rineka Cipta
Bungin Burhan 2005 Metode Penelitian Kuantitatif Jakarta:Prenadamedia
Conny R Semiawan 2009 Kreativitas dan Keberhasilan Jakarta : PT Indeks
Fathurahman Pupuh dan Sobry Sutikno 2007 Strategi Belajar Mengajar Bandung: PT Refika Aditama
Hamalik Oemar 2003 Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Askara
Hamalik Oemar 2013 Proses Belajar Mengajar Jakarta : PT Bumi Aksara
Hasan Iqbal 2009 Analisis Data Penelitian dan Statisktik Bumi Aksara
Husein Umar 2005 Metode Penelitian Untuk Tesis dan Bisnis Jakarta:Grafindo Persada
Jugiyanto 2008 Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi kelima BPFE Yogyakarta
Mulyasa E 2002 Manajemen berbasis sekolah Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munandar Utami 2002 Kreativitas Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Bakat Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Nazir Moh 2005 Metode Penelitian Jakarta:Ghalia Indonesia
Riduwan 2012 Metode Teknik Menyusun Proposal Penelitian Bandung:Alfabeta
Slameto 2010 Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana Nana Dasar dasar Proses Belajar Mengajar Bandung : Sinar Baru
Sugihartono dkk 2007 Psikologi Pendidikan Yogyakarta: UNY Press 72
Sugiyono 2014 Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung:Alfabeta
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung : Alfabeta
Sukmadinata Nana Syaodih 2011 Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung:Remaja
Rosdakarya
Tulus Tu u 2004 Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Belajar Jakarta:Grasindo

ÂÂÂÂÂ