Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5606Keywords:
internet utilization, library utilization, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pemanfaatan internet terhadap hasil belajar Korespondensi siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis; (2) pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar Korespondensi siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis; dan (3) pemanfaatan internet dan perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar Korespondensi siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Mamajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMK Negeri 1 Tondano yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) pemanfaatan internet terhadap hasil belajar Korespondensi 85,5% ditunjukkan dengan thitung yakni 11.699 dengan ttabel = 2.014 (11.699 < 2.014); (2) pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar Korespondensi sebesar 87,4% ditunjukkan dengan thitung yakni 12.195 dengan ttabel = 2.014 (7.481 > 2.014); dan (3) pemanfaatan internet dan perpustakaan secara bersama-sama terhadap hasil belajar Korespondensi sebesar 79,5% yakni Fhitung sebesar 83,327. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel (83,327 > 3.20).
Kata Kunci: pemanfaatan internet, pemanfaatan perpustakaan, hasil belajar
This study aims to determine the effect of: (1) the use of the internet on learning outcomes Correspondence class X students majoring in Office Management and Business Services; (2) the use of the library on the results of Correspondence class X students majoring in Office Management and Business Services; and (3) the use of the internet and the library together on the learning outcomes of Correspondence class X students of the Department of Office Management and Business Services.This research is an ex post facto research with a quantitative approach. Respondents in this study were class X students of the Department of Office Management and Business Services at SMK Negeri 1 Tondano, with a total of 48 students. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Test data analysis using normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and linearity test. The data analysis technique used is simple regression analysis and multiple regression analysis. The results showed that there was a positive and significant influence between: (1) internet utilization on learning outcomes. (2) the utilization of the library on Correspondence learning outcomes of 87.4% is indicated by tcount, namely 12,195 with ttable = 2,014 (7,481 > 2,014); and (3) the use of the internet and the library together for Correspondence learning outcomes of 79.5%, namely Fcount of 83.327. So it can be concluded that Fcount > Ftable (83.327 > 3.20).
Keywords: internet utilization, library utilization, learning outcomes
References
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).
Dame, J. M., Manongko, A. A. C., & Tamasalang, S. (2022). Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Penggunaan Sistem Kearsipan Berbasis Elektronik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 202-217.
Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di pustaka digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145.
Krismayani, I. (2018). Mewujudkan Fungsi Perpustakaan di Daerah. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(2), 233-242.
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2).
Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2).
Palangda, L. (2022). Daya Retensi Siswa Terhadap Hasil Belajar di Smk Negeri 1 Tombariri. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 179-185.
Sugiyono (2015), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&B, Bandung: alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tawas, Y., & Sumual, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 1-20.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Josua Ivana Sumangkut, Joubert M. Dame, Gilly M. Tiwow
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.