PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP (OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN) SMK N 1 MODOINDING

Authors

  • Jouber Dame Universitas Negeri Manado
  • Allen Manongko Universitas Negeri Manado
  • Ester Hutagalung esterhutagalung322@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5452

Keywords:

Internet, Learning

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menngetahui pemanfaatan internet dalam pembelajaran mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP (Otomatisasi tata kelola perkantoran). Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode kualitatif.Lokasi penelitian di SMK N 1 MODOINDING. Subjek penelitian adalah Kepalah Sekolah, Guru mata Pelajaran Kearsipan, Salah sau siswa kelas X OTKP. Teknik pengumpulan data adalah reduksi data, penyajian data, penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet dalam menunjang proses pembelajaran  pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK N  MODOINDING sudah bisa dikatakan sangat baik hal ini dilihat dari siswa yang mejadi lebih aktif didalam kelas ketika belajar dengan memanfaatkkan internet, peran guru dalam menentukan strategi untuk diajarkan dan bisa mengoperasikan teknologi informasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman hal ini bisa dilihat pada proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien .

Kata Kunci: Internet, Pembelajaran

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the use of the internet in learning archiving subjects for class X OTKP (Office Governance Automatization). While the method used is a qualitative method. The research location is at SMK N 1 MODOINDING. The subject of the research is the Principal, Archival Subject Teacher, one of the students of class X OTKP. Data collection techniques are data reduction, data presentation, drawing conclusions.  The results of this study indicate that the use of the internet in supporting the learning process in Archival Subjects of SMK N MODOINDING can be said to be very good, this can be seen from students who become more active in class when learning by utilizing the internet, the role of the teacher in determining strategies to be taught and being able to operate information technology and always following the times this can be seen in a more effective and efficient learning process.

Keywords: Internet, Learning.

References

Azhar Arshad, Media Pembelajaran, Cet 16, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Apip Avero Wiratama, 2017. Bentuk Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Bandar Lampung. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAMNEGERI RADEN INTAN LAMPUNG1438 H

Bambang Warsita, Teknologi Pembelajarn Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Bima Suhardiman, 2011. Pemanfaatan Internet dalam Meningkatkan Pengetahuan Guru Di SMA Mumammadiyah 1 Tanggerang. Skripsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Ega Rima Wati, Ragam Media Pembelajaran: Visual-Audio Visual-Komputer-powerpoint-Internet-Interactive Vidio Jakarta: Kata Pena, 2016

Farrah Diba Isdhana, 2011. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa prodi PPKN FISUNNES. Semarang. Skripsi. UniversitasNegri Semarang.

Ramadhani,Graifhan.2003.ModulPengenalanInternet

http://dhani.singcat.com/files/pengenalan_internet.pdf.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. Pembelajaran Berbasis Teknologi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Sugiyono 2006. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Dame, J., Manongko, A., & Hutagalung, E. (2022). PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X OTKP (OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN) SMK N 1 MODOINDING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 323–331. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5452

Issue

Section

Articles