Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano

Authors

  • Henry J. D. Tamboto Universitas Negeri Manado
  • Rommy J. R. Mottoh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado
  • Gebrielle Angel Muaya Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.4441

Keywords:

Learning Discipline, Learning Environment, Student Interests

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano yang berjumlah 89 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 73 siswa dengan menggunakan Teknik proposional random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi liner sederhana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI Negeri 2 Tondano. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano.

Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar,  Minat Belajar Siswa

 

                                                       

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of learning discipline and learning environment on student interest in class XI SMK Negeri 2 Tondano. The population in this study were Class XI students of SMK Negeri 2 Tondano, totaling 89 students. While the sample in this study were 73 students using proportional random sampling technique. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire). The analytical technique in this study is the simple linear regression analysis method, simple correlation analysis and multiple correlation analysis using the T test and F test. The results of this study indicate: (1) There is a positive and significant influence of Learning Discipline on Student Interest in Learning Class XI SMK Negeri 2 Tondano. (2) There is a positive and significant effect of the learning environment on learning interest in the students of class XI Negeri 2 Tondano. (3) There is a positive and significant effect of Learning Discipline and Learning Environment on Learning Interest in Class XI Students of SMK Negeri 2 Tondano.

Keywords: Learning Discipline, Learning Environment, Student Interests

 

References

Agung Edy Wibowo dan Adji Djojo. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Edisi Kedua. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Lestari, 2017. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi BelajarMata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ngeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.

Mardalis. 2008. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prasetyo. (2013). Strategi Belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Rochaety E, dkk. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Edisi Pertama. Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media.

Singarimbun dan Effendi. 1995, Metode Penelitian Survey. Cetakan Kedua. Penerbit PT.Pustaka LP3ES Indonesia. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. 1994. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Warsito, Hermawan. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Additional Files

Published

2020-06-28

How to Cite

Tamboto, H. J. D., Mottoh, R. J. R., & Muaya, G. A. . (2020). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.4441

Issue

Section

Articles