Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5177Keywords:
Learning Environment, , Learning Interest, Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Metode Penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 56 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 58,21% dengan jumlah thitung > ttabel = 8,675 > 2,00488 (2) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 38,56% dengan jumlah thitung > ttabel = 5,8275 > 2,00488 (3) Lingkungan belajar dan Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa di SMP negeri 8 Satu Atap Tondano sebesar 59,59% dengan jumlah Fhitung > Ftabel = 40,001 > 3,168.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the learning environment and interest in learning on student learning outcomes at SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano. Methods This research is a survey method with a sample of 56 people. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The research results were analyzed using multiple regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate: (1) the learning environment has a positive and significant effect on student learning outcomes at SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano by 58.21% with the number tcount > ttable = 8.675 > 2.00488 (2) Interest in learning has a positive effect and significant to student learning outcomes at SMP Negeri 8 One Roof Tondano by 38.56% with the number tcount > ttable = 5.8275 > 2.00488 (3) Learning environment and interest in learning have a positive and significant effect on student learning outcomes in public junior high schools 8 One Roof Tondano is 59.59% with the number of Fcount > Ftable = 40.001 > 3.168.
Keywords: Learning Environment, Learning Interest, Learning Outcomes
References
A.M, Sadirman. 1992. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPPS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogo.
Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Askara.
Hasbullah. 1994. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2005. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
Rita Mariyana dan Ali Nugraha. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grop.
Rusman, 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Membangun Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.
Sudjana, 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Christiani Pongilatan, Joubert M. Dame, Jety D. Lempas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.