IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL CHROMEBOOK DI SMP KRISTEN TONDANGOW

Authors

  • Kimiko Poluan Universitas Negeri Manado
  • Gilly Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Sri Siswanto Purwaningsih UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9689

Keywords:

Penerapan Chromebook

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis media digital chromebook di SMP Kristen Tondangow serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media chromebook. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi serta analisa data bersifat kualitatif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Kristen Tondangow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan Chromebook di SMP Kristen Tondangow dalam proses pembelajaran sudah sangat baik walapun masih ada sebagian siswa yang belum memahami tentang cara penggunaan, faktor-faktor pendukung implementasi media Chromebook seperti jaringaan internet, sumber daya manusia dalam hal ini guru, disisi lain jaringan internet, guru juga dapat menjadi penghambat dalam implementasi Chromebook sebagai media pembelajaran di SMP Kristen Tondangow hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya keahlian guru akan penggunaan Chromebook.

Kata Kunci: Penerapan Chromebook, Faktor pendukung, faktor penghambat.

 

 

ABSTRACT

This research aims to find out how chromebook digital media-based learning is implemented at Tondangow Christian Middle School and to find out the supporting and inhibiting factors in implementing chromebook media. This research method uses a qualitative descriptive method using triangulation data collection techniques and qualitative data analysis. The objects of this research are teachers and students at Tondangow Christian Middle School. The results of the research show that overall the implementation of Chromebooks at Tondangow Christian Middle School in the learning process has been very good even though there are still some students who do not understand how to use them, the supporting factors for implementing Chromebook media such as internet networks, human resources, in this case teachers, on the other hand. Apart from the internet network, teachers can also be an obstacle in implementing Chromebooks as a learning medium at Tondangow Christian Middle School. This could be caused by the teacher's lack of expertise in using Chromebooks..

Keywords: Application of Chromebooks, supporting factors, inhibiting factors.

 

References

Budaya, B. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar yang efektif. Likhitaprajna, 18(1), 42-59.

Ginting, D., Fitri, D. I., Mulyani, Y. S., Ismiyani, N., & Sabudu, D. (2021). Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Abad ke-21. Malang: MNC Publishing.

Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

@article{Kandori_2022, title={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ANDROID PADA GURU GURU SMA DI TONDANO}, volume={3}, ISSN={2774-9185}, url={http://dx.doi.org/10.53682/literacyjpe.v3i1.4661}, DOI={10.53682/literacyjpe.v3i1.4661}, number={1}, journal={Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi}, publisher={Universitas Negeri Manado}, author={Kandori, Iwan}, year={2022}, month=jun, pages={218–228} }

Kresnadi, H., Halidjah, S., Pranata, R., & Syahrudin, H. (2023). Pemanfaatan Chromebook Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 1-15.

Sogen, R. P. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Digital yang Inovatif pada Pembelajaran Fisika di SMAK Kesuma Mataram dalam Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan 2(1). 112-121.

Syafi’i, I., & Fitriyah, L. (2020). Implementasi Total Quality Management Sebagai Solusi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(2), 377-428.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022).

Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29-36

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Poluan, K., Tiwow, G., & Purwaningsih, S. S. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL CHROMEBOOK DI SMP KRISTEN TONDANGOW. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 32-37. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1.9689

Issue

Section

Articles