PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 AMURANG

Authors

  • Sri P. Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Yosua Lintong Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5597

Keywords:

Socioeconomic Conditions, Social Environment, Student Learning Motivation

Abstract

Kajian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa di SMA NEGERI1 Amurang. Strategi pemeriksaan ini merupakan teknik belajar dengan contoh sebanyak 83 individu. Prosedur yang digunakan dalam pengumpulan informasi adalah strategi survey (jajak pendapat) dan dokumentasi. Hasil pemeriksaan dibedah menggunakan berbagai pemeriksaan relaps lurus, pemeriksaan sambungan dasar dan berbagai pemeriksaan hubungan. Hasil tinjauan ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh antara Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar pada siswa kelas X jurusan IPS SMA Negeri 1 Amurang sebesar 82,08% dengan jumlah t hitung > t tabel = 19,0219 > 1,990450 dan jumlah F hitung > F tabel = 363,0 > 3,962 (2) Lingkungan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X Jurusan IPS SMA Negeri 1 Amurang sebesar 54,46% dengan jumlah t hitung > t tabel =9,7119 > 1,990450 dan jumlah F hitung > F tabel

94,5 > 3.962 (3) Kondisi Sosial Eknomi dan Lingkungan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar pada siswa kelas X Jurusan IPS SMA Negeri 1 Amurang sebesar 90,63% dengan jumlah F hitung > F tabel = 183,334 > 3,114.

Kata kunci : Kondisi Sosial Ekonomi, Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar

 

ABSTRACT


This study is intended to determine the effect of socio-economic conditions and the social environment on students' learning motivation at SMA NEGERI 1 Amurang. This examination strategy is a learning technique with examples of 83 individuals. The procedure used in gathering information is a survey strategy (poll) and

2

 


documentation. The results of the examination are dissected using various straight relapse checks, basic connection checks and various connection checks. The results of this review show: (1) There is an influence between Socio-Economic Conditions on Learning Motivation in class X students majoring in Social Sciences at SMA Negeri 1 Amurang by 82.08% with t count > t table = 19.0219 > 1.990450 and total F count > F table = 363.0 > 3.962 (2) The social environment has a positive and significant effect on learning motivation in class X students of Social Sciences Department at SMA Negeri 1 Amurang by 54.46% with t count > t table = 9.7119

1 .990450 and the sum of F count > F table = 94.5 > 3.962 (3) Social Economic Conditions and the Social Environment have a positive and significant effect on Learning Motivation in class X students of IPS Department SMA Negeri 1 Amurang of 90.63% with the number F count > F table = 183.334 > 3.114.

Socioeconomic Conditions, Social Environment and Student Learning Motivation

References

Agus Sukirno 2013

Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Minat Memilih Kompetensi Keahlian Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK 1 Pundong. (Skripsi. UNY.)

Ariyani, N. L., Winokan, A. ., & Tiwow, G. M. (2022).

Pengaruh Pendapatan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Sma Swadharma Mopugad. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 220-233.

Budi Susetyo (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung:

Refika Aditama

Eri purniasih 2020

Pengaruh Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 7 Kota Tasik Malaya

Hasibuan dalam (Sutrisno, 2017) pengertian motivasi.

Hidayah, N. and Yanuari, S. W. (2022)

“Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2020/2021”, Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), Pp. 15-26. Doi: 10.53682/Jpeunima.V3i1.3686

https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_sosial

https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/motivasi-belajar-siswa/

No, U. U. (20). tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Siswanto, S. P., Tawas, Y., & Lintong, Y. (2022). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 AMURANG. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 291-297. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5597

Issue

Section

Articles