PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA ADVENT AMBIA KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Henry J. Tamboto Universitas Negeri Manado
  • Jetty D. Lempas Universitas Negeri Manado
  • Brayen Sasue Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7077

Keywords:

Environment, Pedagogic Competence, Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK

Sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk; Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMA Advent Ambia. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Advent Ambia. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Advent Ambia. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian dan kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini maka dapat disajikan implikasi sebagai berikut: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 62,4 %. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa sebesar  46,2 %. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah dan kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar siswa 92 %.

Kata Kunci : Lingkungan, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Belajar

 

 

 

 

 

ABSTRACT

In accordance with the problems that have been formulated above, the purpose of this study is to; To find out the influence of the school environment on student learning motivation at Ambia Adventist High School. To find out the influence of teacher pedagogic competence on student learning motivation at Ambia Adventist High School. To find out the influence of the school environment and the pedagogical competence of teachers on student learning motivation at Ambia Adventist High School. Based on the results of the research discussion and the conclusions drawn in this study, the following implications can be presented: This study shows that there is a positive influence of the school environment on student learning motivation by 62.4%. This study showed that there was a positive influence of pedagogic competence on student learning motivation by 46.2%. This research shows that there is a positive influence of the school environment and pedagogic competence on student learning motivation 92%.

Keywords : Environment, Pedagogic Competence and Learning Motivation

References

Alex Media Komputindo Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo Hakim, Thursan, 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta :

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Bovee,

Courland. 2007. Business CommunicationToday. New York: Prentice Hall Phinisi Integration Review. Vol 3(1) Februari 2020

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dita Oktavia, Rustiyarso, Izhar Salim. pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar sosiologi pada siswa kelas x SMA Negeri 2 Sungai Raya kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Endang Sri Astuti, 2010. Bahan dasar Pelayanan Konseling pada satuan pendidikan menengah jilid I, Jakarta

Evi Rahmawati. 2014. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 22 Setia Budi Pamulang. Skripsi

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gora, Winastwan., dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta :

Kurniawan, Angga Putra (2015) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 5 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muhaimin. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2004. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja

Muslich. 2005. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data dan Uji Statistik, Mediakom

Puspa Swara Mazda Rizqiya Hanna, (2011) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang

Robbins. 2008. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga Sadullah

Rosdakarya. Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persadap

Sri Koriaty dkk. 2021. pengaruh kompetensi Guru terhadap motivasi siswa SMK Negeri se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains.

Syamsul Darmawan. 2018. Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Penjas SD Inpres Buttatianang I Makassar. Jurnal Muara Pendidikan.

Uyoh. 2010. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sjedie Watung, Iwan Kandori, Ray Mambu Vol.3 No.1 2022, Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Eefektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan Akuntansi Keuangan Dan Lembaga Smk Negeri 2 Tondano

Anggreiny S. Pantow, Allen Ch. Manongko, Jetty Lempas, Vol 2 No1 2021 Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Di Sma Negeri 1 Tompaso

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Tamboto, H. J., Lempas, J. D., & Sasue, B. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA ADVENT AMBIA KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 173-181. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7077

Issue

Section

Articles