PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR UTARA

Authors

  • Yuddy Christina Betosi PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8185

Keywords:

Learning outcomes, Accounting, Problem Based Learning.

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah model pembelajaran Problem BasedLearning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau kajian literatur.Hasil yang diperoleh berdasarkanpenelitian terdahulu yakni di dapatkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.Hal ini dikarenakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk berpikir kritis memecahkan masalah dan mampu menyusun pengetahuannya sendiri dengan melewati proses pemecahan pada suatu masalah yang telah dilaksanakan.Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini sesuai dan relevan untuk diterapkan dalam mata pelajaran akuntansi karena pada materi tersebut membutuhkan keterampilan langsung dan pemahaman yang lebih mendalam sehingga siswa dapat lebih memahami suatu materi jika mereka harus diarahkan pada masalah nyata dan harus diselesaikan.

Kata kunci:Hasil belajar,Akuntansi,Problem Based Learning.

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to analyze whether the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve student learning outcomes in accounting subjects. This type of research is library research or literature review. The results obtained are based on previous research, namely that the Problem Based Learning learning model ( PBL) can improve student learning outcomes in accounting subjects. This is because the PBL learning model can improve students' learning abilities to think critically to solve problems and be able to compile their own knowledge by going through the process of solving a problem that has been implemented. This shows that the learning model This is appropriate and relevant to be applied in accounting subjects because this material requires direct skills and deeper understanding so that students can better understand the material if they are directed at real problems and must be solved.

Keywords: Learning outcomes, Accounting, Problem Based Learning.

References

Anggraini,N.A,Djaja,S,dan Kartin,T.(2013),Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Siswa( Studi kasus siswa kelas XII SMA Negeri 1 Poso Pesisir Utara Pada Mata Pelajaran Akuntansi)

Anita,L (2003).Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Arikunto,S,Suhardjono,dan Supardi.(2017).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Asvifah,F.F.(2019).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Akuntansi.

Listiagfiroh,W, dan Ellianawati,E.(2019).Problem Based Learning: Practicing Students Critical Thinking Skills With Cognitive Syle Dependent Fields and Independent Fields.Jurnal penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Martutik.(2017).Peningkatan Hasil Belajar Memproses Karakteristik Pada Perusahaan Jasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Narmaditya,B.S.Wulandari,D,dan Sakarji,S.R.B.(2018). Does Problem Based Learning Improve Critical Thinking Skill? Jurnal Cakrawala Pendidikan,37 (3)

Nisak,C.dan Sari,A.R.(2013).Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia,11(1).

Rahayuningsih,M.(2017).Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Pembelajaran Problem Based Learning.Indonesia Journal of Education and Learning,1(1).

Daryanto.(2014).Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Penerbit GavaMedia.

Herliani,R,dan Sibarani,C.G.G.(2017).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasisi Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi.Jurnal Teknologi Pendidikan(JTP),10 (2).

Hosnan,M. (2016).Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21 (Edisi ketiga).Bogor: Ghalia Indonesia.

Hsu,C,S,Yen,S.H,dan Lai,W,H.(2016).The Effectiveness of problem based Learning in the Accounting Course.Asian Journal of Finance dan Accounting.

Indonesia ,R.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan .

Triandini,E,Jayanatha,S,Indrawan,A,Werla Putra,G,dan Iswara,B.(2019).Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan metode pengembangan sistem Informasi di Indonesia.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Betosi, Y. C. ., Kandori, I., & Rooroh, A. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR UTARA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 268–276. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8185