MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL HOTS PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.612Keywords:
Pengembangan, Pembelajaran (HOTS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL< em> HOTS PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research amp; Development R amp;D Berdasarkan hasil penelitian Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul Materi yang ditulis dalam modul tersebut diambil dari berbagai sumber tentunya sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti yang ada maupun yang ingin dicapai Kemudian kelayakan materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul di uji maupun digunakan pada kelas XI IPS 1 di SMA Kristen 1 Tomohon dengan menggunakan metode penelitian Addie Dalam perancangan modul dan materi ini tidak lepas dari beberapa bantuan yaitu bantuan dari beberapa sumber baik dari sumber internet buku cetak maupun nbsp; masukan dari guru dan dosen sehingga terbentuklah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul dapat berguna dan mempermudah siswa untuk belajar baik didalam kelas maupun pada saat pandemi saat ini belajar dari rumah dan dalam jaringan < p>
References
Andi Prastowo Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Jogjakarta:DIVA Press 2013 hlm 104
Anwar Ilham 2010 Pengembangan Bahan Ajar Bahan Kuliah Online Direktori UPI Bandung
Daryanto Strategi Dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru CV Yrama Widya 2013 h 295
Departemen Pendidikan Nasional Teknik Belajar dengan Modul Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah 2002 hal 5
Gordon Eisenman and others 2016 Research in Middle Level Education Quarterly Effects of the Higher Order Thinking Skills Program on At Risk Young Adolescents TM Self Concept Reading Achievement and Thinking Skills Effects of the Higher Order Thinking Skills Program on At Risk Young A 8959 1 25
Hardiansyah 146 148 dalam Umbase Ruth 2012:118 Focus Group Discussion FGD Tesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Eknomi Universitas Negeri Manado 2019
Lewy dkk 2009 Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 2 14 28
Lincolin Arsyad 1999 Ekonomi Pembangunan STIE YKPN Yogyakarta hlm 12
Miarso 2011 Teknologi dalam pembelajaran http: digilib unila ac id 1415 8 BAB 20II pdf Di akses 12 juli 2020
Nasution 1987 Teknologi Pendidikan Bandung: Jemmars
Nanga Muana 2005 Makro Ekonomi: Teori Masalah dan Kebijakan Edisi Kedua PT Raja Grafindo Persada Jakarta
Rahardjo Adisasmita 2013 Teori Teori Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan wilayah cetakan pertama Graha Ilmu Yogyakarta hlm 4
Rofiah E Aminah N Sunarno W 2018 Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP MTS Jurnal Pendidikan 7 2 285 295
Sabar and Maureen 2013 Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNESA
Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta h 297
Syafruddin Nurdin Kurikulum Dan Pembelajaran Jakarta: PT Rajagrafindo Persada 2016 h 273
Undang undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 ayat 1
Winarno Widha Sunarno and Sarwanto 2015 Pengembangan Modul IPA Berbasis High Order Thinking Skill HOTS Pada Tema Energi Inkuiri Jurnal 4 I 82 91

ÂÂÂÂÂ