MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON

Authors

  • Umiyati Annisaa Basis Universitas Negeri Manado
  • Allen Manongko Universitas Negeri Manado
  • Gilly M Tiwow Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.612

Keywords:

Pengembangan, Pembelajaran (HOTS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul. Materi yang ditulis dalam modul tersebut diambil dari berbagai sumber tentunya sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti yang ada maupun yang ingin dicapai. Kemudian, kelayakan materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul di uji maupun digunakan pada kelas XI IPS 1 di SMA Kristen 1 Tomohon dengan menggunakan metode penelitian Addie. Dalam perancangan modul dan materi ini tidak lepas dari beberapa bantuan yaitu bantuan dari beberapa sumber baik dari sumber internet, buku cetak, maupun  masukan dari guru dan dosen, sehingga terbentuklah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul dapat berguna dan mempermudah siswa untuk belajar baik didalam kelas maupun pada saat pandemi saat ini belajar dari rumah dan dalam jaringan.

References

Andi Prastowo,Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (Jogjakarta:DIVA Press.2013), hlm 104.

Anwar, Ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung

Daryanto, Strategi Dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru (CV Yrama Widya, 2013)., h.295

Departemen Pendidikan Nasional, Teknik Belajar dengan Modul, (Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002), hal. 5

Gordon Eisenman and others, (2016). ‘Research in Middle Level Education Quarterly Effects of the Higher Order Thinking Skills Program on At-Risk Young Adolescents â€TM Self-Concept , Reading Achievement , and Thinking Skills Effects of the Higher Order Thinking Skills Program on At-Risk Young A’, 8959,1–25.

Hardiansyah, 146-148 dalam Umbase Ruth. (2012:118). Focus Group Discussion (FGD), Tesis Program Pasca Sarjana Pendidikan Eknomi. Universitas Negeri Manado 2019

Lewy, dkk. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3, (2). 14-28

Lincolin Arsyad, (1999). Ekonomi Pembangunan, STIE YKPN, Yogyakarta, hlm. 12

Miarso. (2011). Teknologi dalam pembelajaran. http://digilib.unila.ac.id/1415/8/BAB%20II.pdf . Di akses 12 juli 2020

Nasution, (1987). Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Nanga, Muana. (2005). Makro Ekonomi: Teori, Masalah, dan Kebijakan. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Rahardjo Adisasmita, (2013). Teori-Teori Pembangunan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan wilayah, cetakan pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, hlm. 4.

Rofiah, E, Aminah, N, & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Pendidikan , 7 (2), 285-295.

Sabar and Maureen,(2013). ‘Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP-UNESA’.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D) (Bandung: Alfabeta).,h.297

Syafruddin Nurdin, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016)., h.273

Undang-undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 35, ayat (1).

Winarno, Widha Sunarno and Sarwanto, (2015). ‘Pengembangan Modul IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Tema Energi’, Inkuiri, Jurnal, 4.I 82–91.

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

Basis, U. A., Manongko, A., & Tiwow, G. M. (2020). MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 184-200. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.612

Issue

Section

Articles