PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 RATAHAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7745Keywords:
Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Ratahan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, setelah data terkumpul dilanjutkan dengan analisis regresi linear berganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan SPSS 29. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ratahan; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ratahan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ratahan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Abstract
This research aims to find out how learning media and learning motivation influence the accounting learning outcomes of class X students majoring in accounting at SMK Negeri 1 Ratahan. The method used in this research is a quantitative method with a sample of 20 students. The data collection method uses questionnaires and documentation, after the data is collected it is continued with multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis using SPSS 29. The results of this research show: (1) there is a significant influence between learning media on accounting learning outcomes class X students at SMK Negeri 1 Ratahan; (2) there is a significant influence between learning motivation on the accounting learning outcomes of class X students at SMK Negeri 1 Ratahan (3) there is a significant influence between learning media and learning motivation on the accounting learning outcomes of class.
Keywords: Learning Media, Learning Motivation, Learning Outcomes
References
Heni Sulistiani, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia (Studi Kasus: SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu. Jurnal Komputer dan Informasi 15(1), 127-136.
Kandori Iwan. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android Dan Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Kelas X Administrasi Perkantoran SMK NEGERI 2 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Kandori Iwan. (2022). Implementasi Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dikantor Sekertariat Daerah Kabupaten Minahasa. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurrita, T. (2018). Pengemabangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT 3(1), 171.
Makaliwe Niny. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Rooroh Agnes. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Unima. Journal of Management & Bussines 6(1), 777-783.
Siswanto Sri P. dkk. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolaang. Jural Pendidikan Ekonomi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evriani Juniati Kolinug, Niny Makaliwe, Silvana Oroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.