PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE

Authors

  • Dian Aristi Alting PPG Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang PPG Universitas Negeri Manado
  • Linda Rumbayan PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8118

Keywords:

Learning Media, canvas, Motivation to Learn

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi pada pembelajaran IPS dikelas VIII pada SMP Islam 1 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Adapun subjek penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah siswa/siswi kelas VIII-1 di SMP Islam 1 Kota Ternate. Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran berbasis canva terhadap siswa/siswi kelas VIII-1 di Islam 1 Kota Ternate menunjukan sebuah tanggapan yang sangat positif terhadap motivasi belajar siswa. dimana respon dari siswa maupun siswi terhadap media pembelajaran berbasis canva sangatlah setuju jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Bisa disimpulkan bahwa media belajar berbasis canva pada materi pembelajaran IPS mampu meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi kelas VIII-1 di Islam 1 Kota Ternate.

Kata kunci : Learning Media; Canva; Learning Motivation

 

 

 

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to find out whether Canva-based learning media can increase students' learning motivation in class VIII social studies at SMP Islam 1 Ternate City. This research uses qualitative research with data collection tools in the form of interviews, observation, questionnaires and documentation. The research subject selection technique uses probability sampling with a simple random sampling technique. The research subjects chosen by the researcher were students in class VIII-1 at Islamic Middle School 1, Ternate City. Based on the results of the Canva-based learning media trial on students in class VIII-1 Islam 1 Ternate City, it showed a very positive response to student learning motivation. where students' and female students' responses to Canva-based learning media strongly agree that it is applied in the learning process. It can be concluded that Canva-based learning media on social studies learning materials is able to increase the learning motivation of class VIII-1 students at Islam 1 Ternate City.

Keywords: Learning Media; canvas; Motivation to learn

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,4(1), 80.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, K. (2016). Jurnal manajemen

komunikasi. 1(1), 42–56.

Daniati, N., Darliana, E., & Alwina, S. (2022). Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok

Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ips Semester V STKIP Al-Maksum Langkat. Berbasis Sosial, 3(1), 38–44.

Dasar, S. S., Shafa, I., & Siregar, Z. (2022). Jurnal basicedu. 6(2), 2754–2761.

Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y.,Ummami, U., & Andila, A. (2022).

Pemanfaatan Media Pembelajaran VisualBerbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin

Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan,

(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi

Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237

Hariadi, S., Ilmu, P., Sosial, P., Pascasarjana, P., & Malang, U. K. (2017). PENGARUH

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD Samsul Hariadi Bahwa nasional terutama berkaitan dengan Undang- bahwa laboratorium dan media pembelajaran, menyenangkan bagi peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(1), 100–110.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Lkp, P., & Masa, P. (2021). JOLL 4 (1) (2021) Journal Of Lifelong Learning. 4(1).

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., &

Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2),

–181.Nillofa Ende, A. M., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul

Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 193. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118

Novianti, Y. (2022). Peran pendidikan dalam proses pembudayaan sebagai strategi

transformasi budaya pada era milenial. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, IPA, IPS, Dan Bahasa Inggris, 4(1),11–17.

https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis

Putra, F. W., Agama, I., & Sumatera, I. (2014). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL Nora Afnita, Dian Puspita Sari, Arif Arafat , Joni Indra Wandi.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil belajar siswa melalui.pdf

Prof. Dr. Sugiono. (2016). Metode Penelitian. ALFABETA. www.cvalfabeta.com

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Alting , D. A., Wuisang, J., & Rumbayan, L. (2025). PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 98–106. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8118