PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED PROJECT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI MERENCANAKAN PRODUK USAHA DI SMK NEGERI 2 SERAM BAGIAN BARAT

Authors

  • Batseba Lakatoni PPG Universitas Negeri Manado
  • Agnes Rooroh PPG Universitas Negeri Manado
  • Julius Elean PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8105

Keywords:

Learning outcomes, project-based learning model, Entrepreneurship

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran kewirausahaan dan bagaimana meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa   pada jenjang studi pendidikan SMK. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan model pembelajaran berbasis project di SMK N 2 Seram Bagian Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan empat langkah yaitu: 1) perencanaan (plan), 2) tindakan (act) 3).pengamatan (observe), 4) refleksi (reflect). Empat tahapan tersebut dilakukan dengan dua siklus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus menunjukan, adanya peningkatan hasil belajar kewirausahaan dalam mebuat Merencanakan Produk Usahadan menyelesaikan soal yang diberikan kepada 20 siswa. Hasil analisis data selama siklus I dan II dapat disimpulkan: (1) siklus pertama jumlah siswa yang mempunyai kreatifitas berdasarkan observasi 70% yaitu sebanyak 14 siswa dan pada (2) siklus ke dua meningkat menjadi 90% yaitu sebanyak 18 siswa. Hasil belajar dari tes kewirausahaan siswa (1) siklus pertama jumlah siswa yang menjawab benar 70% yaitu sebanyak 14 siswa dan pada siklus ke dua (2) meningkat menjadi 95% yaitu sebanyak 19 siswa.

Kata Kunci:  Hasil belajar, model pembelajaran berbasis project,Kewirausahaan

 

 

 

ABSTRACT

This research is motivated by the importance of entrepreneurial learning and how to improve students' entrepreneurial learning outcomes at the vocational school education level. Based on this, the aim of this research is how to improve student entrepreneurship learning outcomes with a project-based learning model at SMK N 2 Seram Barat. The method used in this research is classroom action research (PTK), using four steps, namely: 1) planning (plan), 2) action (act) 3).observation (observe), 4) reflection (reflect). These four stages were carried out in two research cycles. Based on the results of research over two cycles, it shows that there is an increase in entrepreneurship learning outcomes in planning business products and solving questions given to 20 students. The results of data analysis during cycles I and II can be concluded: (1) in the first cycle the number of students who had creativity based on observations was 70%, namely 14 students and in (2) the second cycle increased to 90%, namely 18 students. Learning results from the student entrepreneurship test (1) in the first cycle, the number of students who answered correctly was 70%, namely 14 students and in the second cycle (2) it increased to 95%, namely 19 students.

Keywords: Learning outcomes, project-based learning model, Entrepreneurship

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Aqib, Zainal, (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Untuk : Guru. Bandung: Yrama Widia Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mudjiono dan Damayanti. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama.

Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D.Kartasura: Fairus Media.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Msotivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Shoimin, Aris.2014. Kurikulum Program studi Pendidikan Akuntansi Univ. PGRI Palembang

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Lakatoni, B., Rooroh, A., & Elean, J. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BASED PROJECT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI MERENCANAKAN PRODUK USAHA DI SMK NEGERI 2 SERAM BAGIAN BARAT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 18–26. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8105