PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Authors

  • Kamariat Teapon PPG Universitas Negeri Manado
  • Tinneke Sumual Sumual PPG Universitas Negeri Manado
  • Steven Mamanua PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8133

Keywords:

Innovative learning to build students, character in learning

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini mengangkat masalah tentang pembelajaran inovatif di SMP Negeri 5 Kota Ternate, pembelajaran inovatif disekolah merupakan strategi pembelajaran yang menekan pada penyampaian materi pembelajaran kepada siswa, berupa ekspositori, inquiri, pembelajaran berbasisi masalah, peningkatan kemampuan berfikir, pembelajaran koperatif, pembelajaran kontekstual, pembelajaran afektif, dan pendekatan ilmiah .

Sebuah pembelajaran yang dilakukan di sekolah membutuhkan perbaikan atau pembaruan yang dapat membantu proses pembelajaran menjadi menarik dan tidak konvensional, karena peserta didik membutuhkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru sesuai pembahasan yang ada.Pembentukan krakter peserta didik juga harus dikembangkan,antar lain krakter toleransi dan cinta damai untuk lebih ditonjolkan,karna dengan kemajemukan  bangsa dan negara Indonesia .

Metode pembelajaran inovatif ini bertujuan agar peserta didik merasa nyaman dan senang dalam pembelajaran, namun tidak melupakan aspek terpenting yaitu materi yang dapat dipelajari dalam kehidupan sehari-hari .Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi

Kata Kunci :Pembelajaran inovatif  pembentukan karakter Peserta didik dalam pembelajaran

 

ABSTRACT

This research raises the issue of innovative learning at SMP Negeri 5 Ternate City. Innovative learning at school is a learning strategy that emphasizes the delivery of learning material to students, in the form of expository, inquiry, problem-based learning, improving thinking skills, cooperative learning, contextual learning, affective learning. , and scientific approach

Learning carried out at school requires improvements or updates that can help the learning process become interesting and unconventional, because students need a learning atmosphere that is fun and easy to understand the material presented by the teacher according to existing discussions. The formation of students' character must also be developed. Among other things, the character of tolerance and love of peace must be emphasized more, because of the pluralism of the Indonesian nation and state.

This innovative learning method aims to make students feel comfortable and happy in learning, but not forgetting the most important aspect, namely material that can be studied in everyday life. The technique used in this research is observation technique.

Keywords: Innovative learning to build students' character in learning

 

References

Andi Prastowo. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan (RPP) Tematik Terpadu Implementasi

Kurikulum 2013 Untuk Sd/Mi (kedua). Jakarta: KENCANA.

Andi kaharuddin. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif. Pusaka Almaida.

halid hanafi. (2019). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah.

yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Yulia Rizki Ramadhani. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif (1st ed.; L. Tonni,ed.). Yayasan Kita Menulis.

Kadri Muhammad. (2020). pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami (1sted.). jakarta: PT Bumi Aksara.

Dasaopang Darwis Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu -IlmunKeislaman, 03 No. 2

Sagala. (2003). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Pengabdian Kepada Masuarakat, volume 1

Darma kusuma. (2012). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter, 11 Nomor 2.

Asrori Mohammad. (2013). Pengertian, Tujuan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. 5 nomor 2.

Santoso Ridwan (2012). Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sosial Dan Budaya.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Teapon, K. ., Sumual, T. S., & Mamanua, S. (2025). PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 38–47. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8133