PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEAJARAN IPS EKONOMI DI SMP SATAP NEGERI 2 PARIGI BARAT

Authors

  • Nurjanna . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Meike Mamentu PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Maura Rawung PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Gilly Tiwow UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8165

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes, Students

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pengajaran. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam memahami dan menerapkan model – model pembelajaran inovatif, sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru-guru Mata Pelajaran dalam rangka peningkatan kompetensi guru dalam pengajaran dan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan, sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2. Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas VIII SMP Satap Negeri 2 Parigi Barat dengan jumlah 18 siswa, sampelnya diambil dari keseluruhan populasi.

Dari penelitian terhadap aspek-aspek tersebut, maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning di SMP Satap Negeri 2 Parigi Barat  telah optimal, namun perlu adanya upaya peningkatan kualitas mengajar guru dengan terus mempelajari dan memahami serta mengaplikasikan model pembelajran inovatif dengan penguasan teori yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan upaya-upaya seperti pelatihan secara online mapun offline.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Siswa

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the application of the Problem Based Learning Model can improve the learning outcomes of teaching students. The expected benefits of this research include: practical benefits, which can be a reference for readers and become a means for writers to understand and apply innovative learning models, while theoretical benefits are input for the Education Office and input for subject teachers in order to improve teacher competence in teaching and learning.

This study uses Classroom Action Research Method, data collection is carried out after teaching and learning activities are carried out, while to analyze the data obtained through comparison of the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2. The population is all students of class VIII SMP Satap Negeri 2 West Parigi with a total of 18 students, the sample is taken from the entire population.

From the research on these aspects, it can be concluded that the application of the Problem Based Learning Model at SMP Satap Negeri 2 West Parigi has been optimal, but there needs to be an effort to improve the quality of teaching teachers by continuing to study and understand and apply innovative learning models with good theoretical knowledge. This can be done with efforts such as online and offline training.

Keywords: ,Problem Based Learning, Learning Outcomes, Students

 

 

 

References

Agustin Husnul Khotimah, D. K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi , 158-165.

Aisyah Nofziarni, H. Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Disekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 2016-2024.

Baiq Henny Helyandari, H. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Ma Darul Hikmah Darek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika , 10-17.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Nonformal Aksara , 39-46.

Siti Asrifah, A. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Jurnal Buana Pendidikan , 183-193.

Tia Alfianiawati, D. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dikels V Sd. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD , 1-10.

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara Jakarta

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

., N., Mamentu, M., Rawung, M., & Tiwow, G. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PEAJARAN IPS EKONOMI DI SMP SATAP NEGERI 2 PARIGI BARAT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 153–158. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8165