PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS SISWA KELAS IX SMPN 7 SATAP PULUBALA

Authors

  • Harnawi Gafur PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Cheris Laloan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Dolly Watania PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8143

Keywords:

Learning Outcomes, Teams Games Tournament Type Learning

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Budaya Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Siswa Kelas IX SMPN 7 Satap Pulubalaâ€Â.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Budaya Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Siswa Kelas IX SMPN 7 Satap Pulubala.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial Budaya Siswa Kelas IX SMPN 7 Satap Pulubala.

Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatkan kesulitan yang sama dapat menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka diharapkan guru lebih membuat Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) yang lebih menarik dan bervariasi.

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament

 

 

ABSTRACT

This research is entitled: "Improving Learning Outcomes on Socio-Cultural Change Material Using Cooperative Learning Type Teams Games Tournaments for Class IX Students of SMPN 7 Satap Pulubala".

The aim of this research is to improve learning outcomes on social and cultural change material using cooperative learning in the Teams Games Tournaments (TGT) type for Class IX students at SMPN 7 Satap Pulubala.

The method used in this research is Action Research which consists of 2 (two) cycles, and each cycle consists of: Planning, Implementation, Observation and reflection.

Based on the results of action research, Cooperative Learning in the Teams Games Tournaments (TGT) type can improve learning outcomes on social and cultural change material for Class IX students at SMPN 7 Satap Pulubala.

Furthermore, the researcher recommends: (1) Teachers who experience the same difficulties can apply Team Games Tournaments (TGT) Cooperative Learning to improve learning outcomes. (2) In order to get maximum results, teachers are expected to make Cooperative Learning in the Teams Games Tournaments (TGT) type more interesting and varied.

Keywords: Learning Outcomes, Teams Games Tournament Type Learning

 

 

References

Ahmadi, Abu. 1997.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Depdiknas. 2003.UU RI No.20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas

--------------. 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

--------------.2005. PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas

-------------. 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.

Jakarta: Depdiknas

-------------. 1999. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. UNESA: University Press. Kemdiknas.2011.Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Kemdiknas

-------------. 2011. Paikem Pembelajaran Aktif Inovatif

Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Kemdiknas

Ngalim, Purwanto. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Ngalim, Purwanto. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2012. Tujuan Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Surakarta: Tiga Serangkai

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Gafur , H. ., Laloan, C., & Watania, D. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS SISWA KELAS IX SMPN 7 SATAP PULUBALA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 175–185. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8143