PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIIB MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Authors

  • Muslim Kada PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joseph Kambey PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jetty D. Lempas UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8675

Keywords:

model pembelajaran Team Games Tournament, motivasi belajar.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIB Melalui metode Team Games Tournament di SMP negeri 6 Tolitoli.

Penelitian  ini merupakan penelitian tindakan  kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam  tiga  siklus,  dengan  setiap  siklus  terdiri  atas  perencanaan,  pelaksanaan  tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XVIIB yang berjumlah 26 orang siswa. Sumber data berasal dari  guru dan siswa. Teknik pengumpulan data  adalah  dengan  wawancara, angket dan dokumenter.

Penelitian  ini  adalah  penerapan  model  pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi  belajar siswa kelas VIIB. Aktivitas belajar siswa meningkat sejak pelaksanaan siklus pertama sampai siklus ketiga.

Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  melalui  penerapan  model  pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan motivas belajar siswa kelas XVIIB SMP Negeri 6 Tolitoli  pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini tergambar dari keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 75,00 %,  dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 92,86 %. 

Kata  Kunci:  model  pembelajaran  Team Games Tournament,  motivasi  belajar.

 

 

 

ABSTRACT

The aim of this research is to increase students' learning motivation in the Integrated Social Sciences subject class VIIB through the Team Games Tournament method at SMP Negeri 6 Tolitoli. This research is classroom action research (PTK). The research was carried out in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. The research subjects were 26 class XVIIB students. Data sources come from teachers and students. Data collection techniques are interviews, questionnaires and documentaries. This research is about the application of the Team Games Tournament type cooperative learning model which can increase the learning motivation of class VIIB students. Student learning activities increased from the implementation of the first cycle to the third cycle. The research results show that through the application of the Team Games Tournament type cooperative learning model, it can increase the learning motivation of class XVIIB students at SMP Negeri 6 Tolitoli in the Integrated Social Sciences subject. This is illustrated by the implementation of cycle I reaching an average of 75.00%, and cycle II reaching an average of 92.86%.

Keywords: Team Games Tournament learning model, learning motivation.

References

Ames .2012. Motivasi Belajar Siswa . Bandung; PT. Remaja Rosdakarya

Dimyati, Mudjiono . 2021. Prinsip-Prinsip belajar dan pembelajaran. Jakarta ; PT. Gramedia.

Hamalik . 2022. Pentingnya Motivasi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Irawan Prasetyo. 2021. Perhatian dan Motivasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta; Salemba Empat.

Moleong DR. Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman . 2016 . Motivasi dalam Pembelajaran. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Sindu dkk .2012. Metode Pembelajaran TGT . Yogyakarta; Salemba Empat.

Slavin . 2018. Metode Pembelajaran TGT . Jakarta ; PT. Gramedia.

Suarjana . 2020. dalam Istiqomah . 2006. Pembelajaran Kooperatif Tipe (TGT). Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Wyk . 2021. Principles Learning Teams Games Tournament. Rineka Cipta: Jakarta.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Kada, M., Kambey, J. ., & Lempas, J. D. (2025). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIIB MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 27–40. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8675